Artikel Terbaru

Tips Memilih & Mengolah Kangkung

Saat mencari inspirasi sajian tumis sayur yang lezat dan mudah disiapkan, tumis kangkung sering menjadi pilihan. Apalagi, tumis kangkung bisa disajikan dengan berbagai macam bahan pelengkap lain seperti jamur, daging sapi, dan lainnya. Tapi, tentunya sajian tumis kangkung yang lezat dipengaruhi juga oleh cara Ibu memilih dan mengolah kangkung segar. Jadi, sebelum mencoba berbagai inspirasi dan resep tumis kangkung, simak dulu beberapa tips memilih dan mengolah kangkung berikut ini.

 

Kangkung segar bisa terlihat dengan beberapa cara, yaitu:

·       Perhatikan warna daun serta ukuran batang kangkung. Kangkung dengan daun yang berwarna hijau pekat dan batang yang terlalu besar menunjukkan bahwa kangkung tersebut sudah terlalu tua dan cenderung bertekstur keras.

·       Pilih kangkung dengan daun yang segar dan tidak kekuningan pada bagian ujung daunnya.

·       Hindari pula kangkung yang batangnya lunak, karena menandakan kangkung sudah tidak segar lagi.

 

Setelah membeli kangkung, petiki daun serta batang kangkung yang masih muda, lalu simpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas. Saat akan disimpan, kangkung tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Bila disimpan dengan cara ini, kesegaran kangkung bisa bertahan selama 1 hari. Maklum, kesegaran kangkung memang tidak bisa bertahan terlalu lama. Jadi, sebaiknya beli kangkung saat Ibu akan segera mengolahnya, ya.

 

Saat kangkung akan dimasak, cucilah terlebih dahulu hingga bersih dan masak sesuai keinginan Ibu. Tapi ingat, kangkung yang dimasak terlalu lama akan kehilangan kandungan nutrisi, rasa, serta teksturnya. Karena itu, kangkung hanya perlu dimasak sebentar hingga layu. Caranya, panaskan minyak, lalu tumis bumbu hingga harum. Tambahkan kangkung dan masak hingga layu. Dengan cara ini, kangkung tidak akan terlalu matang dan kandungan nutrisi, warna, serta teksturnya pun terjaga.

 

Selain itu, kangkung yang telah dimasak sebaiknya segera dinikmati. Kangkung yang didiamkan terlalu lama akan mengalami proses oksidasi sehingga warnanya berubah menjadi kehitaman dan bertekstur lembek. Hal ini tentu akan mengganggu kenikmatan menyantap tumis kangkung, kan?

 

Setelah siap memilih dan mengolah kangkung, tinggal pilih saja resep tumis kangkung yang bisa Ibu coba. Beberapa di antaranya adalah resep Tumis Kangkung atau Kangkung Asam Jawa ala Royco. Jangan lupa untuk menambahkan Royco Bumbu Pelezat Serbaguna pada resep tumis kangkung untuk sajian yang semakin lezat, ya. Selamat mencoba!

 

 

 

Sumber:

ayahbunda.co.id/Artikel/Gizi+dan+Kesehatan/Keluarga/pilih.olah.dan.simpan.kangkung/001/001/1963/21/3

lifestyle.okezone.com/read/2015/03/09/298/1116075/tips-masak-olahan-kangkung-tetap-crunchy


 
close