Artikel Terbaru

Mengenal Macam Sajian Rendang

Jika berbicara tentang sajian khas Indonesia yang banyak digemari oleh pecinta kuliner internasional, rendang mungkin salah satu hidangan yang sering disebut. Rendang bahkan merupakan satu-satunya masakan Indonesia yang masuk ke dalam daftar ‘50 Masakan Terlezat di Dunia’ yang dibuat oleh CNN Go pada tahun 2011. Kelezatan rendang kini memang tidak hanya diakui lidah orang Indonesia saja.

 

Rendang juga termasuk sebagai salah satu hidangan yang sering tersaji saat Lebaran tiba. Perpaduan berbagai bumbu dan rempah serta santan kental nan gurih memang cocok berpadu dengan ketupat yang juga merupakan hidangan khas Lebaran. Bahan utama yang digunakan untuk membuat rendang tidak harus daging sapi, lho. Bahan lain seperti ayam, udang, telur, bahkan paru juga bisa Ibu gunakan dalam sajian rendang.

 

Macam rendang tidak hanya ditentukan oleh bahan utama yang digunakan dalam resep rendang, tapi juga oleh banyak atau sedikitnya kuah rendang yang tersisa. Maklum, santan yang digunakan dalam resep rendang biasanya tidak sedikit, yaitu santan kental dari 4 butir kelapa untuk tiap 1 kg daging sapi. Itulah sebabnya rendang perlu waktu masak yang cukup lama, yaitu sekitar 4 jam, hingga kuah santannya benar-benar meresap dan mengering. Selama proses memasak tersebut, rendang kering harus terus menerus diaduk agar rendang tidak gosong dan matang merata. Waktu memasak yang cukup lama inilah yang membuat warna bumbu rendang yang kering berwarna lebih gelap. Jika ingin menghadirkan rasa gurih pada rendang, Ibu bisa menambahkan kelapa sangrai khas Minang yang bisa diperoleh di toko bumbu masakan Padang di pasar tradisional.

 

Sajian rendang dengan kuah santan yang masih tersisa cukup banyak biasanya disebut kalio. Sajian ini belum dimasak dalam waktu lama seperti rendang sehingga santannya masih belum mengering dan meresap, dan rendang masih cukup basah berwarna pucat. Cita rasa kalio juga belum sekuat rendang yang sudah mengering.

 

Sajian rendang seperti apa yang akan Ibu siapkan pada Lebaran mendatang? Kalau Ibu ingin membuat kreasi rendang yang lezat namun tak rumit disiapkan, Ibu bisa mencoba resep Rendang Ayam Suwir ala Royco. Penambahan Royco rasa Ayam serta bumbu dan rempah dalam resep rendang tersebut akan membuat sajian ini tak kalah lezat dengan rendang yang dimasak dalam waktu lama. Pasti lezat untuk sajian Lebaran!

 

 

Sumber:

kokiku.tv/read/1461/macam-macam-rendang-keunikan-dan-kenikmatannya#.VaSPtfk9li0

lifestyle.okezone.com/read/2012/11/23/299/722422/ini-alasan-rendang-harus-dimasak-lama

travel.tempo.co/read/news/2012/08/26/201425538/Macam-macam-Rendang-Ala-Sumatera-Barat



 
close