Tips

Tips Membuat Kremesan Renyah

Sajian ayam goreng kremes memang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia, mulai dari restoran besar hingga warung tepi jalan. Maklum, hidangan ini memang banyak penggemarnya. Kremesan yang renyah dan tersaji mendampingi ayam goreng  yang lezat memang jadi kesukaan banyak orang.

 

Ibu mungkin pernah mencoba membuat ayam goreng kremes sendiri di rumah. Tapi kok kremesan yang dihasilkan kurang renyah dan terlalu berminyak, ya? Nah, untuk membuat kremesan yang lezatnya tak kalah dengan kremesan buatan restoran, simak beberapa tips berikut ini:

1.     Adonan kremesan biasanya terbuat dari tepung kanji. Tapi, Ibu juga bisa menggunakan tepung sagu atau tepung beras. Hindari menambahkan telur pada adonan kremesan ya Bu, karena bisa membuat kremesan jadi alot, menggumpal, dan kerenyahannya tidak tahan lama.

2.     Selain renyah, kremesan juga harus lezat dan gurih. Karena itu, bumbui adonan kremes dengan jahe, bawang putih, kemiri, dan sedikit kunyit sebagai pewarna. Jangan lupa, tambahkan Royco rasa Ayam agar cita rasanya jadi lebih mantap.

3.     Kremesan sebaiknya digoreng secara terpisah dengan ayam goreng. Jika digoreng bersama ayam, kremesan akan menjadi lengket dan gosong.

4.     Kalau ingin membuat kremesan yang menyelimuti ayam goreng, sebaiknya rasio tepung sagu dalam adonan lebih banyak dibandingkan tepung beras.

5.     Adonan kremesan yang tepat adalah adonan yang agak cair sehingga langsung terlihat berserabut saat dimasukkan ke dalam minyak panas.

6.     Goreng kremesan sedikit demi sedikit dalam minyak yang panas agar kremesan matang merata dan renyah.

7.     Tiriskan kremesan hingga minyaknya benar-benar mengering, sehingga kremesan renyah dan tak berminyak.

 

Kremesan yang lezat tak hanya bisa disajikan bersama ayam goreng seperti pada resep Pentul Ayam Kremes  atau Sayap Ayam Kremes. Ibu pun bisa membuat kremesan dalam jumlah banyak untuk dinikmati bersama hidangan lain. Tapi ingat, kremesan harus disimpan dalam wadah yang tertutup rapat agar kerenyahannya terjaga, ya. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

kokiku.tv/read/409/tips-membuat-gorengan-kremes#.VcRrI_k9li0

travel.kompas.com/read/2012/01/24/10554060/Kremes.Renyah.Ala.Klaten



 
close