Tips

Tips Memasak Ayam Kampung yang Empuk

Ayam kampung dianggap lebih sehat dibandingkan ayam negeri karena kandungan lemaknya yang lebih sedikit. Selain itu, beberapa resep ayam memang akan menghasilkan sajian dengan cita rasa yang lebih mantap bila menggunakan bahan ayam kampung, terutama untuk membuat kaldu ayam yang lezat. 

Masalahnya, daging ayam kampung lebih alot daripada ayam negeri sehingga memerlukan waktu memasak yang lebih lama. Adakah cara untuk membantu Ibu menyajikan ayam kampung yang empuk dengan lebih cepat? Berikut ini beberapa cara memasak yang bisa Ibu coba pada resep ayam kesukaan keluarga:

 

·       Saat merebus ayam kampung, masukkan beberapa keping tempurung kelapa tua.

·       Daripada merebus ayam kampung dengan air biasa, Ibu bisa mencoba air kelapa. Dengan cara ini, selain lebih cepat empuk, ayam kampung juga semakin kaya cita rasa.

·       Agar ayam kampung lebih cepat empuk, Ibu bisa memasaknya dengan panci tekan selama 10 menit. Tapi, pastikan agar ayam kampung tidak dimasak terlalu lama agar daging tidak hancur, ya.

·       Kalau ayam kampung akan digoreng, Ibu bisa merendamnya dalam campuran bumbu terlebih dahulu. Selain membuatnya lebih cepat empuk, proses perendaman akan membuat ayam kampung semakin lezat dan nikmat.

 

Ayam kampung yang lebih muda dan gemuk biasanya memang lebih cepat empuk dibandingkan ayam kampung yang tua. Tapi, kalau Ibu akan membuat kaldu, pemilihan ayam kampung yang tua lebih disarankan untuk mendapatkan kaldu yang lebih nikmat. Karena itu, coba saja tips di atas saat memasak ayam kampung, baik ayam kampung tua atau muda. Resep Ayam Rica-Rica atau Opor Ayam pun bisa Ibu coba dengan menggunakan ayam kampung. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

Buku 100 Menu Masakan Ayam oleh Dra. Ch. Didit Setyawati

food.detik.com/read/2011/01/20/182615/1551027/1086/ayam-kampung-empuk

log.viva.co.id/frame/read/IGh0dHA6Ly9kYXB1cm9ubGluZXF1LmJsb2dzcG90LmNvbS8yMDE1LzA0L3RpcHMtbWVtYXNhay1heWFtLWthbXB1bmctbGViaWgtY2VwYXQuaHRtbA==


 
close