Artikel Terbaru

Cara Sehat Menikmati Bayam

Bayam mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin K, zat besi, dan flavonoid yang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, bayam juga rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol sehingga cocok menjadi pilihan sajian sehat pendamping menu Idul Adha. 

Sayangnya, cara masak yang salah justru bisa menyebabkan kandungan nutrisi tersebut tidak bisa dimanfaatkan tubuh secara optimal. Kandungan nutrisinya dapat larut dalam air sehingga akan hilang bila bayam dimasak terlalu lama. Jadi, bagaimana cara terbaik menyajikan bayam untuk keluarga Ibu?

 

1. Tumis

Bayam mengandung banyak air sehingga tidak membutuhkan banyak minyak saat ditumis. Untuk menyajikan tumis bayam yang lezat, Ibu bisa mencoba resep Tumis Bayam Jagung Tahu.

 

2. Kukus

Kandungan nutrisi bayam tidak terbuang percuma bila dimasak dengan cara dikukus. Agar bayam kukus lebih kaya cita rasa, padukan dengan bahan lezat dan bernutrisi lain. Contohnya seperti pada resep sayur Bayam Udang Kukus.

 

3. Blansir

Memblansir atau merebus cepat merupakan cara terbaik untuk mengoptimalkan serta menjaga kandungan nutrisi bayam. Untuk memblansir bayam, Ibu cukup merebusnya secara singkat dalam air panas. Caranya bisa Ibu pelajari di laman ini.

 

Selain cara yang tepat, pastikan Ibu melengkapi sajian bayam dengan bahan-bahan bernutrisi. Sebagai alternatif hidangan Idul Adha tahun ini, Ibu bisa mencoba Resep Bola Daging Masak Bening ala Royco. Perpaduan nutrisi bayam dan wortel serta lezatnya daging sapi akan menghasilkan hidangan yang nikmat dan bernutrisi untuk disajikan di hari raya. Tertarik mencobanya, Bu?

 

 

 

Sumber:

onegreenplanet.org/vegan-food/the-6-healthiest-ways-to-eat-spinach/

healthyeating.sfgate.com/nutrients-eat-cooked-spinach-2476.html

everydayhealth.com/lower-cholesterol-eat-right.aspx#04

prevention.com/food/food-remedies/10-best-cholesterol-lowering-foods

whfoods.com/genpage.php?tname=foodspice&dbid=43


 
close