Tips

Tips Memilih dan Menyimpan Tempe

Mencari tempe dengan harga terjangkau di Indonesia memang tidak sulit. Tempe termasuk bahan makanan yang kaya protein dan nutrisi lainnya. Pada masa ketika harga daging sapi jadi semakin sulit terjangkau, tempe bisa jadi pilihan Ibu untuk menggantikan protein daging sapi. 

Apalagi, tempe bisa diolah dalam menu masakan mudah menjadi berbagai hidangan lezat, seperti Tempe Sandwich Ebi, Tempe Asem Pedas, dan masih banyak lagi. Tapi tentu saja, agar sajian tempe lebih lezat, Ibu harus memilih dan menyimpan tempe dengan cara yang tepat.

 

Tips Memilih Tempe

Berikut ini adalah beberapa tips memilih tempe yang segar dan berkualitas:

1.     Tempe yang segar akan terasa hangat saat disentuh. Aroma kedelainya juga masih segar dan tidak berbau.

2.     Perhatikan bagian serabut yang berwarna putih pada tempe. Pastikan serabut tersebut berwarna putih dan belum berubah warna menjadi abu-abu atau hitam. Hindari pula membeli tempe yang berwarna kuning cerah, karena biasanya tempe seperti itu mengandung pewarna.

3.     Hindari membeli tempe yang telah berlendir, berbau, dan berubah warna.

4.     Pilih tempe dengan biji kedelai yang padat dan rapat.

 

Tips Menyimpan Tempe

Tempe yang disimpan dengan cara yang salah akan lebih cepat busuk. Karena itu, ikuti beberapa tips menyimpan tempe berikut ini:

1.     Kalau Ibu membeli tempe mentah yang masih terasa hangat saat disentuh, biarkan dulu tempe tersebut dalam suhu ruangan.

2.     Setelah dingin, tempe sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas.

3.     Simpan tempe dalam keadaan utuh. Hindari memotong tempe kalau Ibu belum akan mengolahnya lebih lanjut.

4.     Ibu juga bisa mengukus tempe selama 10-15 menit untuk menghentikan proses fermentasi tempe. Setelah itu, dinginkan tempe dan simpan di dalam kulkas.

 

Tempe termasuk bahan makanan yang tidak tahan lama. Bila disimpan di dalam kulkas pun tempe hanya bisa bertahan selama 2-3 hari. Karena itu, tempe yang telah Ibu beli sebaiknya segera diolah sehingga Ibu bisa menjaga kualitas tempe yang digunakan dalam menu masakan mudah dan bergizi untuk keluarga.

 

 

Sumber:

vemale.com/kuliner/tips-dapur/46279-tips-menyimpan-tahu-tempe-agar-awet.html

log.viva.co.id/frame/read/aHR0cDovL2RhcHVyb25saW5lcXUuYmxvZ3Nwb3QuY29tLzIwMTUvMDQvdGlwcy1tZW1pbGloLWRhbi1tZW55aW1wYW4tdGVtcGUteWFuZy5odG1s

Diakses pada 18 Sept 2015


 
close