Artikel Terbaru

3 Alternatif Pengganti Daging dalam Sajian Soto

Keluarga Ibu menyukai sajian soto daging? Dengan naiknya harga daging sapi belakangan ini, Ibu mungkin berpikir dua kali sebelum menyiapkan hidangan ini untuk keluarga. 

Solusinya sebenarnya sederhana, gantikan saja daging sapi dalam resep soto daging dengan bahan lainnya. Berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa Ibu gunakan sebagai pengganti daging sapi dalam resep soto daging:

 

1. Kikil

Agar kikil empuk dan tidak berbau, rebus selama 2-3 jam hingga lunak. Setelah itu, tiriskan kikil. Tahap berikutnya adalah merebus kikil dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, merica, ketumbar, garam, daun salam serta bumbu lain selama sekitar 1-2 jam agar baunya hilang. Saat merebus kikil, jangan gunakan api besar yang akan membuat kikil mengeluarkan aroma tajam. Kikil yang telah empuk pun siap diolah untuk membuat soto daging. Bagaimana kalau Ibu mencoba membuat Soto Betawi dengan menggunakan kikil?

 

2. Tetelan

Tetelan merupakan sisa daging sapi yang melekat pada tulang sapi. Bahan ini banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai jenis soto daging di Indonesia. Kalau mau, Ibu juga bisa membuat soto dengan bahan tetelan, kok. Sebelum diolah menjadi soto, rebus dulu tetelan selama beberapa saat bersama berbagai bumbu hingga empuk. Selain digunakan dalam soto, tetelan juga bisa diolah dalam sajian sayur asem.

 

3. Babat

Kelezatan soto babat tak kalah dengan soto daging sapi. Yang perlu Ibu lakukan hanyalah memastikan agar babat telah diolah hingga empuk. Ibu bisa memasaknya dengan panci tekan, atau merebusnya selama 2-3 jam. Tips mengolah babat hingga empuk bisa Ibu simak di laman ini. Setelah babat siap, masak bersama bumbu halus dari bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, dan ketumbar. Tambahkan pula daun salam, daun jeruk, serta serai untuk menambah aroma sedap. Setelah itu, masak campuran babat dan bumbu tersebut dengan santan. Soto babat nikmat pun siap disajikan.

 

Daging bukan satu-satunya bahan yang bisa diolah menjadi sajian soto yang lezat. Bahan apa lagi yang sering Ibu gunakan dalam sajian soto untuk keluarga?

 

 

Sumber:

vemale.com/kuliner/tips-dapur/56234-tips-mengolah-kikil-agar-empuk-dan-enak-dimakan.html

food.detik.com/read/2012/01/02/153047/1804766/312/merebus-kikil

sajiansedap.com/recipe/detail/11046/soto-babat#.VfvxDnvNopw



 
close