Artikel Terbaru

Menghilangkan Rasa Pahit dari Sajian Terung

Sajian tumis sayur sering jadi pilihan hidangan lezat dan bergizi yang mudah disiapkan. Maklum, tumis sayur bisa dibuat dari berbagai sayuran segar yang mudah didapat, seperti kangkung, bayam, buncis, dan lain-lain. 

Tapi, agar keluarga Ibu mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang, yuk pelajari tentang satu jenis sayuran lain yang juga bisa Ibu siapkan dengan cara ditumis, yaitu terung.

 

Terung termasuk sayuran yang bisa disiapkan menjadi berbagai hidangan lezat, mulai dari bakso, balado, hingga tumisan. Tapi, kalau dimasak dengan cara yang salah, terung bisa memberikan cita rasa pahit yang kurang sedap.

 

Untuk menghilangkan rasa pahitnya, taburkan garam pada terung yang telah diiris atau dipotong, dan biarkan terung di atas saringan selama sekitar 1 jam. Setelah itu, bilas terung dengan air untuk menghilangkan garam berlebih dan remas terung untuk menghilangkan air. Proses ini membantu mengeluarkan sari dari terung yang menimbulkan rasa pahit. Selain itu, garam juga menghilangkan gelembung udara dari daging terung sehingga mencegah terung menyerap terlalu banyak minyak saat proses memasak.

 

Cara lain untuk menghindari rasa pahit pada terung adalah dengan memilih terung yang segar dan mengolahnya sesegera mungkin. Terung yang telah lama dipanen cenderung terasa lebih pahit dibandingkan terung yang segar. Tips memilih dan menyimpan terung segar bisa Ibu simak di laman ini.

 

Terung termasuk sayuran yang bisa Ibu dapatkan dengan harga terjangkau, baik di pasar tradisional maupun supermarket. Padahal, terung kaya akan kandungan nutrisi seperti serat, vitamin, mineral, serta phytonutrients seperti flavonoids yang penting bagi kesehatan. Penggunaan terung dalam sajian sehari-hari untuk keluarga akan membantu Ibu menghidangkan sajian lezat yang bergizi dengan mudah dan murah.

 

Punya resep sajian terung atau tumis sayur[SR3]  yang disukai keluarga? Ayo berbagi resep dan sajian tersebut dengan orang-orang di sekitar Ibu untuk menunjukkan bahwa hidangan yang lezat dan bergizi itu tidak perlu menghabiskan banyak biaya. Saat semakin banyak orang mampu mendapatkan sajian yang bergizi dengan harga terjangkau, masalah kekurangan nutrisi pun bisa perlahan-lahan dihapuskan.

 

 

Sumber:

finecooking.com/articles/how-to/cook-eggplant-to-perfection.aspx

taste.com.au/how+to/articles/1501/how+to+prepare+eggplant

thekitchn.com/quick-tip-how-to-avoid-bitter-125908

whfoods.org/genpage.php?tname=foodspice&dbid=22



 
close