Artikel Terbaru

Tips Menyimpan Santan

Tiap tanggal 16 Oktober, dunia memperingati World Food Day sebagai simbol usaha masyarakat dunia untuk memberantas masalah kelaparan dan kekurangan gizi. 

Semangat untuk menghapus kelaparan ini tentunya sejalan dengan semangat untuk menghargai makanan dan tidak membuang-buang bahan makanan. Mana mungkin kita bisa membuang-buang makanan kalau kita ingat bahwa masih banyak orang di dunia yang mengalami kelaparan, bukan?

 

Salah satu penyebabnya adalah bahan makanan yang basi sebelum sempat diolah karena cara penyimpanan yang kurang tepat. Dalam kesempatan ini, Anda akan diajak untuk mengetahui tips menyimpan santan, bahan makanan yang mudah basi dan umum digunakan dalam berbagai sajian Indonesia, misalnya dalam resep sayur lodeh, opor ayam, rendang, dan masih banyak lagi. Seperti apa cara yang paling tepat untuk menyimpan santan? Beberapa tips berikut bisa membantu Ibu:

 

1. Santan segar hanya bisa bertahan selama sekitar 4 hari bila disimpan dalam kulkas. Kalau santan belum akan diolah dalam waktu dekat, sebaiknya santan disimpan dalam freezer. Caranya, tambahkan sedikit garam pada santan, lalu rebus. Biarkan hingga dingin dan simpan dalam wadah tertutup. Dengan cara ini, santan bisa bertahan hingga 3 bulan.

 

2. Kalau santan segar disimpan dalam kulkas, maka simpanlah dalam wadah atau plastik yang tertutup rapat. Hindari menyimpannya dalam kaleng logam atau dalam wadah yang tidak kedap udara.

 

3. Santan kemasan bisa disimpan dalam suhu ruang asal belum melewati masa kedaluwarsanya. Tapi, kalau kemasannya telah dibuka, santan harus disimpan di kulkas dan segera digunakan sebelum 2 minggu. Pastikan juga untuk memindahkan santan ke dalam wadah kedap udara agar kualitasnya tetap prima.

 

Selain santan segar dan santan dalam kemasan, sajian mengandung santan yang tersisa setelah waktu makan juga harus Ibu simpan dalam kulkas agar tidak cepat basi. Tapi, dari pada sisa sajian makanan bersantan yang Ibu simpan dalam kulkas keburu basi sebelum sempat dihabiskan, mengapa tidak berbagi hidangan tersebut dengan teman dan keluarga dekat? Makanan pun tak akan terbuang sia-sia. Hal ini tentu akan sesuai dengan semangat World Food Day!

 

 

 

 

Sumber:

vemale.com/kuliner/tips-dapur/5169-tips-menyimpan-santan.html

vemale.com/kuliner/tips-dapur/69554-bagaimana-cara-menyimpan-santan-kelapa-yang-benar.html



 
close