Artikel Terbaru

Tips Menyimpan Kaldu dalam Freezer

Musim hujan sudah tiba, lho. Saatnya mulai mencoba berbagai resep sajian hangat yang pas untuk dinikmati saat cuaca dingin, seperti resep sup ayam, soto ayam, dan bakso Selain menghangatkan tubuh, gangguan seperti batuk, pilek, serta masalah lainnya yang sering muncul saat 

cuaca kurang bersahabat juga bisa sedikit diatasi dengan sajian seperti sup yang hangat dan bergizi. Jadi, tidak ada salahnya untuk mulai menyiapkan diri untuk menghadapi musim hujan ini, kan?

 

Salah satu trik yang bisa Ibu coba untuk selalu bisa menghidangkan sajian hangat dan bergizi untuk keluarga adalah selalu memiliki stok kaldu ayam yang tersimpan di freezer. Maklum, biasanya butuh waktu untuk bisa membuat kuah kaldu ayam yang lezat dari rebusan ayam dan sayuran yang bergizi. Tapi, kalau Ibu memiliki simpanan kaldu di freezer Ibu, Ibu tinggal mencairkan kaldu ayam tersebut. Simpanan kaldu ini tidak hanya bisa digunakan untuk sajian sup saja, tapi juga untuk sajian lain yang membutuhkan kaldu ayam, baik dalam jumlah besar maupun kecil.

 

Lalu, bagaimana cara menyimpan kaldu ayam di dalam freezer? Langkah pertama tentunya adalah membuat kaldu ayam lezat dalam jumlah besar dari daging serta tulang ayam, sayuran (bawang bombay, wortel, dan daun seledri), serta berbagai bumbu sesuai selera Ibu. Jangan lupa, tambahkan Royco rasa Ayam untuk cita rasa kaldu yang semakin mantap. Setelah itu, simpan kaldu dalam freezer dengan memerhatikan beberapa tips berikut ini:

 

1. Tuang kaldu dalam cetakan es batu atau cetakan kue mangkuk, lalu bekukan dalam freezer. Setelah membeku, keluarkan kaldu dari cetakannya, lalu simpan dalam kantung plastik yang tertutup rapat. Jangan lupa untuk menuliskan tanggal pembuatan kaldu tersebut di kantung penyimpanannya untuk menentukan tanggal kedaluwarsanya. Kaldu ayam biasanya bisa disimpan dalam keadaan beku hingga 2 bulan.

 

2. Saat membekukan kaldu, jangan terlalu penuh mengisi cetakannya karena kaldu akan mengembang setelah membeku.

 

3. Kaldu yang dibekukan mungkin akan sedikit berkurang cita rasanya. Karena itu, jangan lupa untuk mencicipi kembali kaldu yang telah dicairkan, lalu tambahkan berbagai bumbu sesuai selera.

 

Tips-tips di atas tidak hanya membantu Ibu untuk mendapatkan kaldu ayam dengan lebih mudah untuk resep sup ayam atau sajian lain, tapi juga untuk menghindari kaldu yang terbuang. Karena kaldu yang dibekukan dalam cetakan seperti es batu akan mempermudah Ibu untuk menggunakan kaldu sesuai kebutuhan.

 

Bukan hanya kaldu yang bisa Ibu bekukan dalam freezer, lho. Sup sayuran buatan Ibu pun bisa Ibu simpan dalam freezer hingga 1 bulan untuk bisa dinikmati dengan mudah dan cepat. Trik yang pas untuk Ibu yang sering tidak sempat memasak untuk keluarga!

 

 

 

Sumber:

marthastewart.com/265662/freezing-stock

goodhousekeeping.com/food-recipes/cooking/tips/g2059/store-homemade-soup/?slide=1

stilltasty.com/fooditems/index/16777



 
close