Artikel Terbaru

3 Inspirasi Sajian Terung

Terung termasuk sayuran bergizi yang mudah didapat dengan harga yang relatif terjangkau. Umumnya, terung disajikan dalam bentuk tumis sayur, seperti pada resep Balado Terong Ebi dan Terong Masak Daging Cincang ala Royco. 

Padahal, sebenarnya terung dapat diolah menjadi berbagai hidangan lezat, lho. Beberapa kreasi sajian terung berikut ini semoga bisa memberi Ibu inspirasi.

 

1. Pizza Terung

Terung bisa dikreasikan sebagai pengganti roti pizza. Caranya, iris terung ungu berukuran besar bulat-bulat, lalu olesi dengan minyak zaitun dan taburi dengan merica serta garam. Panggang selama 20 menit dalam oven bersuhu 200OC. Setelah itu, tambahkan pasta tomat, keju, serta topping pizza lain yang Anda inginkan di atas potongan terung. ‘Pizza’ sehat pun siap untuk dinikmati.

 

2. Terung Panggang Renyah

Ibu juga bisa menyiapkan terung dengan cara kreatif sebagai pengganti kentang goreng, lho. Caranya, iris terung dalam bentuk memanjang seperti potongan kentang goreng. Setelah itu, lapisi dengan campuran yoghurt dan berbagai bumbu seperti bawang putih bubuk, cabai bubuk, air jeruk lemon, dan lain-lain. Kemudian, gulingkan terung dalam tepung roti atau tepung panko. Setelah itu, panggang dalam oven bersuhu 230OC selama sekitar 10-15 menit atau hingga terung berwarna keemasan. Sajian terung panggang yang renyah juga bisa dinikmati dengan bumbu celupan yang lezat.

 

3. Terung Gulung

Potong terung ukuran besar hingga menjadi sekitar 8 iris. Celupkan dalam telur yang sudah dikocok, lalu baluri dengan tepung roti. Setelah itu, panggang dalam oven bersuhu 175OC selama 2 menit untuk tiap sisinya. Kemudian, tambahan campuran keju, saus tomat, serta bahan lain yang Ibu sukai di satu sisi terung, lalu gulung/lipat terung. Terakhir, panggang kembali terung dalam oven sekitar 10 menit atau hingga terung terasa lembut saat ditusuk dengan tusuk gigi. Terung gulung ini bisa dinikmati dengan saus tomat atau saus celupan lain kesukaan keluarga.

 

Semakin banyak variasi sajian sehat yang bisa Ibu sajikan untuk keluarga selain tumis sayur, nih! Selain sajian di atas, terung juga bisa Ibu gunakan untuk membuat bakso, lasagna, dan lain-lain. Selain itu, perhatikan juga beberapa tips berikut sebelum mulai mengolah terung, seperti tips memilih terung  dan tips menghilangkan rasa pahit pada terung.

 

Selamat mencoba, Bu!

 

 

Sumber:

shape.com/healthy-eating/cooking-ideas/10-new-ways-cook-eggplant/

prevention.com/food/cook/eggplant-recipes-7-creative-ways-cook-eggplant

rachaelraymag.com/Recipes/rachael-ray-magazine-recipe-search/budget-recipes/eggplant-roll-ups


 
close