Artikel Terbaru

4 Tips Membuat Bakso Goreng

Apakah keluarga Ibu penggemar bakso? Saat mendengar kata ‘bakso’, biasanya yang langsung terbayang adalah semangkuk bakso rebus dengan kuah hangat serta mie kuning atau bihun sebagai pelengkap. Padahal, sebenarnya bakso tidak hanya bisa disajikan dalam kuah, lho.

 

Salah satu bentuk sajian bakso lainnya yang cukup populer adalah bakso goreng. Sajian ini tidak hanya bisa dinikmati bersama saus sambal, mayones, kecap, atau bumbu lainnya, tapi juga sebagai pelengkap sajian bakso kuah yang nikmat. Kalau Ibu sudah pernah mencoba membuat bakso sendiri di rumah, mungkin Ibu juga bisa membuat bakso goreng yang nikmat untuk sajian istimewa di Hari Ibu.

 

Resep bakso goreng tidak jauh berbeda dengan resep bakso rebus. Bedanya hanyalah adonan bakso yang sudah dibentuk diolah dengan cara digoreng, dan bukan direbus. Untuk membuatnya, beberapa tips berikut ini bisa membantu Ibu:

·       Goreng bakso dalam minyak yang banyak sehingga bakso benar-benar terendam. Dengan teknik ini, bakso goreng akan matang dan mengembang lebih baik serta tidak menyerap terlalu banyak minyak.

·       Bakso digoreng dengan api kecil sambil terus diaduk agar bentuknya bulat cantik. Goreng hingga bakso mengapung dan warnanya menjadi kecokelatan.

·       Sesuaikan jumlah minyak dengan bakso yang digoreng. Hindari menggoreng terlalu banyak bakso secara sekaligus, tapi jangan terlalu sedikit pula agar panas minyak stabil dan kulit bakso tampak mulus.

·       Sebaiknya, goreng bakso beberapa saat sebelum disajikan agar rasanya lebih nikmat.

 

Bakso goreng juga bisa disajikan dengan lebih menarik, lho. Caranya, gulingkan adonan bakso yang telah dibentuk di atas potongan mie rebus atau kulit pangsit yang telah dipotong tipis-tipis. Setelah digoreng, mie rebus atau kulit pangsit yang menempel pada adonan bakso akan menjadi renyah, sehingga membuat sajian bakso goreng menjadi semakin lezat dan unik. Bakso istimewa untuk sajian istimewa di Hari Ibu!

 

 

Sumber:

Buku: Variasi Bakso Favorit oleh Yeni Ismayani, S.Pd.; hal. 21

Buku: Masakan Rumahan: Tumis, Kuah, Goreng oleh Endang Indriani; hal. 61

Buku: Bakso Istimewa: Alami dan Praktis, oleh Elisa; hal. 45

lifestyle.okezone.com/read/2015/06/24/298/1170624/resep-bakso-goreng-keriting-untuk-berbuka-si-kecil



 
close