Artikel Terbaru

Tips Membuat Lontong untuk Hari Ibu

Opor ayam bisanya disajikan bersama ketupat di Hari Raya Idul Fitri. Tapi, bukan berarti Ibu tidak bisa mencoba resep opor ayam yang lezat untuk disajikan di hari lain, lho. Ibu juga bisa memilih opor ayam sebagai menu spesial di Hari Ibu. Tapi, karena daun kelapa alias janur yang menjadi pembungkus ketupat biasanya sulit ditemukan selain menjelang Lebaran, Ibu bisa menyiapkan lontong sebagai alternatif teman opor ayam.

 

Pada dasarnya, lontong memang tidak jauh berbeda dengan ketupat. Kedua sajian ini sama-sama terbuat dari beras yang dimasak dalam air yang banyak selama beberapa waktu. Tapi, selain perbedaan pada bentuknya, ada beberapa hal lain yang membedakan lontong dengan ketupat, di antaranya:

·       Cangkang ketupat terbuat dari daun kelapa atau janur, sedangkan lontong dibungkus dengan daun pisang. Perbedaan ini membuat lontong menjadi berwarna agak kehijauan, tidak seperti ketupat.

·       Ketupat terbuat dari beras mentah yang telah dicuci bersih, lalu direbus dalam banyak air hingga matang. Sedangkan lontong terbuat dari beras yang telah diaron hingga setengah matang.

·       Karena terbuat dari beras mentah, ketupat membutuhkan waktu masak yang lebih lama dibandingkan lontong yang terbuat dari beras yang telah diaron.

·       Tekstur ketupat lebih keras dan kenyal daripada lontong yang cenderung agak lembek.

 

Ingin mencoba membuat lontong di rumah? Simak beberapa tips yang dapat membantu Ibu berikut ini:

·       Gunakan beras yang pulen seperti Rojolele, Pandan Wangi, atau Menthik, sehingga lontong menjadi lembut dan empuk. Sebelum diolah, rendam beras dalam air dingin selama sekitar 1 jam.

·       Tambahkan sedikit air kapur sirih pada air yang digunakan untuk menanak beras agar tekstur lontong lebih menyatu dan pulen. Perbandingan air kapur sirih dengan jumlah beras adalah 1 sendok makan air kapur sirih untuk tiap 1 kg beras. Ibu juga bisa menambahkan Royco Bumbu Pelezat Serbaguna pada air untuk menanak beras agar cita rasa lontong semakin mantap.

·       Saat membungkus beras dengan daun pisang, pastikan bahwa bagian daun yang berwarna hijau berada di dalam sehingga lontong akan berwarna hijau secara alami. Hindari penggunaan plastik untuk membungkus lontong.

·       Agar daun pisang mudah digulung dan dibentuk, jemur dan buang tulang daunnya terlebih dahulu. Atau, panaskan daun pisang agar menjadi lebih lentur.

·       Letakkan lontong yang telah diisi dan dibentuk dalam keadaan berdiri di dalam dandang, sehingga lontong menjadi padat. Setelah itu, tambahkan air hingga seluruh bagian lontong terendam.

·       Setelah lontong matang, tiriskan dalam keadaan berdiri sehingga air yang berlebih benar-benar tiris.

·       Agar tahan lebih lama, simpan lontong di dalam kulkas. Agar tetap empuk saat disajikan, lontong bisa dipanaskan dengan cara dikukus.

 

Selain opor ayam, lontong juga bisa disajikan dengan hidangan lain seperti Lodeh Lebaran atau Kari Ayam Nenas. Hidangan spesial apa yang akan Ibu siapkan untuk Hari Ibu tahun ini?

 

 

Sumber:

female.kompas.com/read/2012/02/18/13505750/Rahasia.Lontong.Lezat

food.detik.com/read/2012/08/18/125918/1994513/297/membuat-ketupat-dan-lontong-yang-enak-simak-tips-ini

republika.co.id/berita/koran/khazanah-koran/14/07/25/n99a458-lebaran-tak-lengkap-tanpa-ketupat


 
close