Tips

Tips Mengolah Bebek

Sajian bebek ketika disajikan memiliki penampilan yang serupa dengan hidangan berbahan dasar ayam. Tapi saat dinikmati, daging bebek memberikan sensasi yang berbeda ketimbang daging ayam. Misalnya saja, daging bebek memiliki jumlah lemak yang lebih banyak sehingga menghasilkan cita rasa yang berbeda. 

Daging bebek juga bertekstur lebih keras dibandingkan daging ayam. Karena itu, cara pengolahannya juga tidak bisa disamakan dengan daging ayam. Lalu, apa yang harus dilakukan dalam proses pengolahan daging bebek untuk mendapatkan sajian yang nikmat, tidak berbau amis, dan tidak alot?

 

Agar Tidak Bau Amis

Lemak pada bebek dapat menyebabkan bau amis jika bebek diolah dengan cara yang salah. Lakukan beberapa tips berikut untuk menghilangkan bau amis pada daging bebek:

·       Lumuri permukaan bebek dengan cuka atau air jeruk nipis. Biarkan selama beberapa saat sebelum diolah.

·       Tumis jahe dan kunyit, lalu rebus daging bebek dalam tumisan tersebut selama beberapa saat. Aroma jahe dan kunyit membantu menghilangkan bau amis pada bebek.

·       Pastikan bagian tungkir pada bebek (benjolan di bagian atas ekor bebek) sudah dibuang sebelum daging bebek mulai diolah. Bagian ini sering dianggap sebagai penyebab bau amis pada bebek. Kalau perlu, bagian ekor bebek tidak usah diikutsertakan dalam proses memasak.

·       Gunakan berbagai rempah aromatik seperti jahe, bawang putih, daun jeruk, lengkuas, dan serai untuk membumbui daging bebek, sehingga bau amisnya hilang.

 

Agar Tidak Alot

Daging bebek memang terasa lebih gurih dibandingkan daging ayam. Tapi, daging bebek juga lebih mudah menjadi alot. Beberapa tips berikut bisa membantu Ibu menghidangkan daging bebek yang tidak alot:

·       Pada dasarnya, bahan seperti soda kue, daun pepaya, dan nanas yang sering digunakan untuk mengempukkan daging juga bisa digunakan pada daging bebek. Lumuri daging bebek dengan sedikit soda kue atau nanas parut, lalu biarkan selama beberapa saat. Selain itu, Ibu juga bisa membungkus daging bebek dengan daun pepaya selama semalam. Daging bebek pun akan menjadi lebih empuk.

·       Masak daging bebek dengan bumbu-bumbu penghilang bau amis yang telah disebutkan di atas selama sekitar 3 jam.

 

Setelah disiapkan dengan langkah-langkah di atas, daging bebek pun bisa diolah dalam berbagai resep makanan, misalnya dalam resep Bebek Goreng  atau Bebek Cabai Hijau. Jangan lupa, tambahkan Royco Pelezat Serbaguna Rasa Ayam untuk sajian yang semakin lezat. Kini, Ibu pun bisa menghidangkan daging bebek yang tidak kalah lezatnya dengan sajian di restoran bebek terkenal.

 

 

 

Sumber:

lifestyle.okezone.com/read/2011/07/26/304/484372/3-bumbu-dapur-kunci-hilangkan-amis-bebek

lifestyle.okezone.com/read/2015/04/18/298/1136459/trik-menghilangkan-bau-amis-daging-bebek

vemale.com/kuliner/tips-dapur/68916-menghilangkan-bau-amis-pada-daging-bebek-bagian-1.html

vemale.com/kuliner/tips-dapur/10041-tips-agar-daging-bebek-tidak-amis.html

vemale.com/kuliner/tips-dapur/89365-4-tips-praktis-masak-daging-bebek-agar-tidak-alot.html



 
close