Tips

Tips Membersihkan Ikan

Ternyata, lezatnya sajian ikan tidak hanya bergantung pada kesegarannya atau pun bumbu yang digunakan saat memasaknya. Kebersihan ikan juga berpengaruh dalam kenikmatan saat menyantap hidangan berbahan utama ikan. 

Kalau tiba-tiba Ibu menemukan sisik ikan yang tersisa saat sedang asyik menikmati hidangan, tentu kenikmatannya jadi terasa berkurang, kan?

 

Saat ini, Ibu memang bisa mendapatkan ikan yang sudah bersih dan siap diolah dengan mudah. Ibu tinggal datang saja ke supermarket atau pasar, lalu meminta bantuan dari tukang ikan untuk membersihkan ikan yang akan Ibu beli. Tapi, ketika Ibu harus membeli ikan yang masih belum dibersihkan, tentu Ibu harus bisa membersihkannya sendiri di rumah, kan? Agar bisa dibersihkan dengan baik, simak cara membersihkan ikan berikut ini:

 

1. Sebelum mulai dibersihkan, bilas ikan dengan air hingga bersih. Pastikan tidak ada sisa es yang menempel pada tubuh ikan.

 

2. Untuk membersihkan sisik, pegang bagian perut ikan dengan satu tangan, lalu letakkan pisau di bawah kepala ikan dengan tangan lainnya. Posisikan pisau dengan arah agak miring, lalu tekan pisau perlahan dari bagian perut hingga ekor.

 

3. Untuk membuang insang dan isi perut ikan berukuran kecil, buka salah satu sisi penutup insang, lalu tarik insang hingga keluar bersama isi perutnya. Sedangkan untuk membuang insang dan isi perut ikan berukuran besar, buat sayatan memanjang dari bawah kepala ikan hingga bagian perutnya. Setelah itu, keluarkan isi perut ikan secara hati-hati untuk mencegah pecahnya kantung empedu ikan. Kalau kantung empedu ikan pecah saat ikan dibersihkan, maka ikan akan terasa pahit.

 

4. Setelah proses membersihkan selesai, bilas ikan hingga bersih dengan air mengalir.

 

Gunakanpisau yang tajam agar proses pembersihan menjadi lebih mudah. Setelah dibersihkan, ikan pun bisa dimasak dalam berbagai resep seperti resep sup, ikan goreng, dan lain-lain. Untuk menghidangkan sajian ikan goreng yang lebih nikmat dan praktis, Ibu selalu bisa mengandalkan Royco Bumbu Komplit Ikan Goreng.

 

Nah, sudah siap memasak hidangan ikan yang lezat sempurna, Bu?

 

 

Sumber:

tabloidnova.com/Tips/Simak-Cara-Membersihkan-Ikan-Yang-Benar-Ini

vemale.com/kuliner/tips-dapur/62758-cara-membersihkan-ikan-sebelum-di-masak-bergambar.html

lifestyle.okezone.com/read/2011/07/20/304/482222/cara-bersihkan-ikan-segar



 
close