Tips

Tips Menghilangkan Rasa Pahit dari Daun Pepaya

Pepaya memang dikenal sebagai buah yang menyegarkan. Tapi, sebenarnya buah ini sering digunakan pula dalam berbagai hidangan gurih, seperti dalam resep Ayam Goreng Oseng Pepaya Muda

Bagian pepaya lain seperti bunga dan daunnya juga sering digunakan dalam berbagai resep masakan. Bunga pepaya bisa jadi bahan tambahan dalam sajian seperti tumis kangkung, sedangkan daun pepaya dikenal sebagai bahan yang digunakan untuk membantu mengempukkan daging.

 

Selain digunakan sebagai bahan pengempuk daging, daun pepaya juga bisa diolah menjadi berbagai sajian seperti tumis daun pepaya, buntil, dan lain-lain. Tapi, daun pepaya juga dikenal dengan rasanya yang pahit. Agar rasa pahit daun pepaya tidak merusak hidangan Ibu, simak beberapa cara menghilangkan rasa pahitnya berikut ini:

 

1. Rebus daun pepaya bersama daun singkong atau daun jambu biji

Penyebab rasa pahit pada daun pepaya adalah kandungan senyawa alkaloid. Senyawa ini bisa dikurangi dengan cara merebus daun pepaya bersama daun singkong yang mengandung asam organi atau daun jambu biji yang mengandung tanin yang dapat menyerap alkaloid pada daun pepaya. Dengan cara ini, rasa pahit pada daun pepaya pun bisa berkurang. Setelah direbus bersamaan, pisahkan daun pepaya dengan daun jambu biji atau daun singkong. Atau kalau Ibu mau, Ibu juga bisa menghidangkan daun pepaya bersama daun singkong, kok.

 

2. Remas daun pepaya

Gunakan segenggam garam kasar untuk meremas daun pepaya hingga layu. Setelah itu, cuci daun pepaya hingga bersih. Kemudian, rebus daun pepaya hingga mendidih, lalu tiriskan. Ibu pun bisa melakukan teknik ini tanpa menggunakan garam. Caranya, remas-remas daun pepaya hingga getahnya keluar. Setelah itu, terus remas daun pepaya di bawah air mengalir sampai air remasan yang keluar tidak lagi berwarna hijau dan daun pepaya telah menjadi layu. Daun pepaya pun telah siap untuk diolah dalam hidangan lezat.

 

3. Rebus daun pepaya bersama tanah liat

Mungkin terasa aneh, tapi cara ini merupakan cara tradisional yang sering dilakukan oleh para ibu. Caranya, daun pepaya direbus bersama tanah liat yang diperoleh dari kebun. Setelah daun pepaya empuk, daun pepaya dicuci hingga sisa tanah liat hilang.

 

Rasa pahit daun pepaya sebenarnya memberikan cita rasa yang unik pada hidangan. Tapi, kalau rasa pahitnya terlalu kuat, tentu hidangan jadi kurang lezat, kan? Agar semakin nikmat, Ibu juga bisa menambahkan Royco All in One pada tumis daun pepaya atau hidangan daun pepaya lain. Ingin mencoba kelezatan unik daun pepaya?

 

 

Sumber:

femina.co.id/kuliner/info.kuliner/daun.pepaya.pahit/004/002/321

harianlampung.co.id/read/cara-mengolah-daun-pepaya-agar-tidak-pahit-1750/



 
close