Tips

Tips Memilih Krecek

Salah satu sajian unik Indonesia adalah krecek. Maklum, mungkin tidak banyak resep makanan yang menggunakan kulit kerbau atau kulit sapi sebagai salah satu bahannya, kan?

 

Krecek adalah kulit sapi atau kerbau yang diproses hingga kering. Krecek mentah kemudian digoreng 2 kali. Dalam proses penggorengan pertama, krecek mentah digoreng dalam minyak yang tidak terlalu panas hingga setengah matang. Setelah itu, krecek tadi digoreng kembali dalam minyak panas hingga mengembang sempurna menjadi kerupuk kulit atau rambak.

 

Untuk menggunakan krecek dalam hidangan, Ibu bisa membeli krecek mentah atau krecek yang telah berbentuk kerupuk. Tentu saja, krecek yang telah menjadi kerupuk akan memudahkan proses memasaknya karena Ibu tak perlu menggorengnya terlebih dahulu. Tapi, bukan berarti Ibu bisa menggunakan sembarang krecek untuk diolah dalam masakan, lho. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu memilih krecek yang tepat untuk masakan Ibu:

 

1. Pilihlah krecek tawar yang belum dibumbui dengan garam dan bawang putih, sehingga krecek tidak akan mengubah rasa hidangan Ibu.

 

2. Kalau Ibu akan mengolah krecek dalam sajian berkuah banyak, maka gunakan krecek yang terbuat dari kulit kerbau. Ciri krecek kulit kerbau adalah berwarna lebih kecokelatan dan berbentuk lebih tebal. Karena itulah, krecek tidak akan kempis dan akan tetap kenyal walaupun diolah dalam sajian berkuah banyak.

 

3. Kalau Ibu akan mengolah krecek dalam sajian berkuah sedikit, maka gunakan krecek kulit sapi yang lebih tipis, sehingga krecek lebih mudah kempis.

 

Memilih krecek yang sesuai dengan jenis sajian yang Ibu siapkan sangat penting. Misalnya saja, kalau Ibu menggunakan krecek kulit kerbau yang tebal dalam sajian berkuah sedikit, maka krecek akan menjadi terlalu kenyal dan kurang menyerap bumbu dengan baik. Sebaliknya, kalau Ibu menggunakan krecek kulit sapi yang lebih tipis dalam sajian berkuah banyak, maka krecek akan menjadi terlalu kempis dan kehilangan tekstur kenyalnya. Jadi, sesuaikan jenis krecek dengan hidangan yang akan Ibu buat, ya.

 

Krecek bisa diolah dalam berbagai resep makanan seperti gudeg atau sayur lodeh. Salah satu resep sajian berbahan krecek yang bisa Ibu coba adalah Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo. Kuah santan sambal goreng yang nikmat dengan tambahan Royco rasa Ebi akan melengkapi udang serta krecek yang gurih. Sajian sambal goreng pun akan terasa semakin istimewa!

 

 

 

Sumber:

vemale.com/kuliner/tips-dapur/9531-tips-memilih-krecek-untuk-masakan.html

log.viva.co.id/news/read/659681-menikmati-sambel-goreng-krecek-khas-jawa



 
close