Tips

Tips agar Tofu Tidak Hancur Saat Diolah

Dari semua jenis tahu, tofu atau yang lebih dikenal dengan sebutan tahu sutera adalah tahu dengan tekstur yang paling lembut. Bahan lezat ini bisa digunakan dalam berbagai macam hidangan, mulai dari sup hingga tumisan. 

Beberapa jenis tofu bahkan bisa digunakan dalam sajian penutup dan cake, lho! Ibu yang memiliki balita pun bisa membuat hidangan menggunakan tofu untuk si kecil karena teksturnya yang lembut aman untuk dikonsumsi bayi dan balita.

 

Tofu biasanya dijual dalam tabung plastik dengan beberapa pilihan rasa seperti telur, udang, dan ayam. Untuk mengolahnya, tentu Ibu harus mengeluarkannya terlebih dulu dari tabung plastik pembungkusnya. Sayangnya, tofu yang teksturnya sangat lembut seringkali menjadi hancur saat dikeluarkan dari bungkusnya. Apa yang bisa Ibu lakukan agar bentuk tofu tetap terjaga, baik sebelum diolah maupun selama proses memasak? Beberapa tips berikut bisa membantu Ibu:

 

1.     Sebelum dikeluarkan dari pembungkusnya, tofu sebaiknya direndam dalam air hangat bersama pembungkusnya selama beberapa menit. Kemudian potong plastik pembungkus tofu mulai dari bagian tengahnya agar tofu tidak mudah hancur. Setelah itu, dorong tofu dari ujung plastik secara perlahan untuk mengeluarkan tofu dari pembungkusnya.

 

2.     Setelah tofu dikeluarkan dari pembungkusnya, potong tofu secara hati-hati menggunakan pisau yang tajam. Pisau yang tumpul justru dapat merusak tofu.

 

3.     Agar tofu tidak hancur saat proses memasak, gulingkan tofu dalam campuran tepung maizena dan garam. Tepung maizena tidak hanya berfungsi memberi tekstur renyah pada tofu, tapi juga sebagai lapisan yang melindungi tofu selama proses memasak. Setelah tofu dibaluri tepung maizena, goreng dalam minyak yang banyak sehingga tofu terendam sempurna selama proses penggorengan. Goreng tofu hingga mengapung dan satu sisinya menguning. Setelah itu, balik tofu untuk mematangkan sisi lainnya. Tofu tidak perlu sering dibalik untuk menjaga bentuknya. Proses penggorengan ini sebaiknya dilakukan sebelum tofu diolah lebih lanjut dalam resep apa pun, sehingga bentuk tofu dalam hidangan tetap terjaga.

 

Salah satu resep dengan bahan tofu yang bisa Ibu coba adalah resep Chicken Egg Tofu alias resep ayam cincang yang ditumis bersama tahu sutera rasa telur. Dibumbui dengan Royco All in One, sajian yang biasa Ibu temukan di banyak restoran masakan Cina ini pun bisa Ibu sajikan dengan lezat untuk keluarga. Resep berbahan dasar tofu apa lagi yang pernah Ibu coba untuk sajian keluarga?

 

 

Sumber:

vemale.com/kuliner/tips-dapur/49609-tips-menggoreng-tofu-agar-tidak-pecah.html

food.detik.com/read/2013/01/16/114145/2143568/297/ingin-menggoreng-tofu-yang-mulus-ikuti-langkah-ini

lifestyle.okezone.com/read/2013/10/24/304/886247/trik-potong-tofu-supaya-tidak-hancur

tekno.kompas.com/read/2012/06/24/17394748/agar.tofu.tak.hancur.saat.digoreng



 
close