Artikel Terbaru

Tips Menyimpan Mi

Saat tidak punya banyak waktu untuk memasak, resep masakan mudah adalah solusi bagi para ibu yang tetap ingin menghidangkan makanan buatan sendiri untuk keluarga. Salah satu bahan yang bisa jadi andalan Ibu adalah mi yang sangat mudah diolah. Mi telur, mi basah, bihun, atau jenis mi lainnya hanya perlu direbus dengan singkat untuk bisa dinikmati. Tambahkan saja bahan lainnya seperti telur dan potongan ayam dan sayur, serta bumbui dengan berbagai bahan seperti kecap. Mi kuah atau pun mi goreng pun siap tersaji untuk keluarga.

 

Nah, kalau Ibu punya stok mi siap olah di rumah, jangan sampai keliru menyimpannya ya, agar kualitasnya terjaga. Kalau kualitasnya masih bagus, Ibu pun bisa mengolah sajian mi yang lezat dan aman untuk keluarga. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Ibu perhatikan saat menyimpan mi siap olah untuk menjaga kesegaran dan kualitasnya:

 

1. Mi kering dalam kemasan yang belum terbuka bisa disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Perhatikan petunjuk dalam kemasan untuk mengecek apakah ada instruksi khusus untuk menyimpannya.

 

2. Kalau kemasannya sudah dibuka, simpan mi kering dalam wadah kedap udara. Kalau mi kering telah berubah rasa, aroma, bentuk, dan warnanya, berarti mi kering sudah tidak segar. Demi rasa dan keamanan hidangan buatan Ibu, sebaiknya mi kering tersebut tidak digunakan lagi dalam hidangan.

 

3. Kalau Ibu perlu menyimpan mi basah dalam waktu yang cukup lama, simpan di dalam wadah kedap udara dan masukkan ke dalam freezer.

 

Mi siap olah memang jadi andalan untuk sajian yang praktis. Tapi kalau Ibu punya waktu, Ibu juga bisa mencoba membuat mi telur sendiri, lho. Kesegaran dan kelezatan mi buatan sendiri tentu tidak dapat dikalahkan oleh mi siap olah yang Ibu beli di supermarket, terutama karena mi buatan sendiri biasanya tidak memakai pengawet. Mi buatan sendiri seperti ini biasanya hanya bertahan selama sekitar 6 jam dalam suhu ruangan. Bila disimpan dalam kulkas, mi bisa bertahan hingga 2-3 hari. Apabila mi sudah mulai berlendir, jangan digunakan lagi ya, Bu. Hal ini merupakan tanda bahwa mi sudah tidak segar.

 

Walaupun digunakan dalam resep masakan mudah, tapi bukan berarti sajian mi jadi membosankan dan tidak bergizi, lho. Ada banyak resep mi yang bisa jadi inspirasi bagi Ibu untuk membuat mi yang lezat. Jangan lupa, tambahkan Royco Bumbu Pelezat Serbaguna agar sajian mie semakin lezat ya, Bu.

 

 

 

Sumber:

vemale.com/kuliner/tips-dapur/50776-jaga-keawetan-pasta-dan-mie-lewat-4-tips-mudah-berikut-ini.html

nasional.kompas.com/read/2013/01/12/19234417/Agar.Mi.Tahan.Lama.Tanpa.Pengawet



 
close