Artikel Terbaru

Tips Memilih dan Menyimpan Wortel

Yang membuat wortel menjadi sayuran yang populer dalam menu makanan sehat bukan hanya karena gizinya yang tinggi. Wortel juga merupakan salah satu dari beberapa sayuran yang memiliki rasa manis yang alami. Karena itu, tidak jarang wortel menjadi sayuran yang disukai anak, bahkan oleh anak yang tidak suka makan sayur sekalipun. Kalaupun si kecil tidak menyukai wortel, sayuran ini juga bisa ‘disembunyikan’ dengan mudah dalam aneka sajian, misalnya dalam isi pangsit, dalam saus daging spaghetti, dan lain-lain.

 

Menu makanan sehat yang paling sering menggunakan wortel sebagai salah satu bahannya adalah sup sayuran. Tapi, wortel juga bisa diolah dengan berbagai cara lain, misalnya dalam sajian tumisan bahkan dalam makanan penutup seperti cake. Tentu saja, dengan cara apa pun Ibu mengolah wortel, kualitas dan kesegarannya juga perlu diperhatikan, karena wortel yang telah agak tua biasanya memiliki rasa yang tidak semanis wortel segar. Berikut ini adalah beberapa cara memilih dan menyimpan wortel segar yang perlu Ibu ketahui:

 

·       Pilihlah wortel dengan kulit yang halus dan warna terang yang merata. Hindari membeli wortel yang telah bertunas, retak atau telah memiliki bagian yang berubah warna.

·       Perhatikan pangkal batang wortel dan pilihlah wortel dengan pangkal batang yang belum berubah warna. Kalau pangkal batang wortel telah berubah menjadi agak kehijauan, berarti wortel telah menua. Pilih pula wortel dengan lingkar batang yang tidak terlalu besar sebagai tanda bahwa wortel masih cukup muda.

·       Pilih wortel yang masih terasa padat dan keras. Kalau wortel terasa lembek dan bisa dibengkokkan, berarti wortel sudah tidak segar.

·       Kalau wortel masih memiliki daunnya, pilihlah wortel dengan daun yang masih segar, tidak layu, dan berwarna hijau

·       Sebelum disimpan dalam kulkas, wortel tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Wortel sebaiknya dicuci beberapa saat sebelum diolah.

·       Kalau Ibu membeli wortel utuh dengan daun yang belum dipotong dari pangkal batangnya, sebaiknya daun wortel dipotong terlebih dulu sebelum disimpan. Daun wortel akan menghisap kelembapan dari wortel dan membuat wortel menjadi kering dan layu.

·       Untuk menyimpannya, masukkan wortel ke dalam wadah berisi air dan simpan wadah tersebut di dalam kulkas. Ganti air rendaman tersebut setelah terlihat keruh, biasanya setiap beberapa hari sekali.

·       Kalau Ibu menyimpan wortel yang telah dikupas di dalam kulkas, biasanya wortel jadi memiliki lapisan kering berwarna putih. Untuk menghilangkan lapisan tersebut, rendam wortel dalam air dingin selama beberapa saat.

 

Bahan segar berkualitas merupakan salah satu kunci hidangan lezat. Apalagi, bila bahan-bahan segar dipadukan dengan Royco Bumbu Pelezat Serbaguna yang akan membuat sajian semakin lezat. Nah, tips di atas akan membantu Ibu memilih wortel terbaik untuk cita rasa yang paling mantap dalam sajian yang Ibu siapkan.

 

 

Sumber:

food.detik.com/read/2011/07/17/120124/1682876/312/memilih-wortel

food.detik.com/read/2014/02/04/130525/2486655/297/2/inilah-cara-memilih-tomat-dan-wortel-yang-bagus-dan-segar#bigpic

lifestyle.okezone.com/read/2013/02/22/304/766216/simpan-wortel-baiknya-tak-gunakan-plastik

thekitchn.com/the-best-way-to-keep-carrots-crisp-and-fresh-tips-from-the-kitchn-220257



 
close