Artikel Terbaru

Tips Tumis Daging untuk Hidangan Sahur yang Nikmat

Menumis adalah salah satu metode memasak yang sering jadi andalan para Ibu. Metode ini tidak hanya praktis, tapi juga membantu menjaga nutrisi makanan agar tidak hilang selama proses memasak. 

Selain itu, menumis merupakan metode masak yang bisa digunakan untuk berbagai bahan makanan, mulai dari sayuran hingga daging. Karena sifatnya yang praktis, resep tumis merupakan salah satu andalan untuk makanan sahur selama bulan Ramadhan.

 

Tips menumis sayuran sudah pernah dibahas sebelumnya di laman ini. Lalu, bagaimana dengan menumis daging? Beberapa tipsnya bisa Ibu simak berikut ini:

1. Menumis hanya membutuhkan waktu masak yang singkat. Karena itu, daging yang cocok diolah dengan motode ini adalah daging yang mudah empuk, seperti dada ayam, daging sapi has dalam, atau fillet ikan. Daging yang keras dan membutuhkan waktu masak yang lama, seperti gandik dan sengkel, tidak cocok diolah dengan cara ditumis.

2. Potong daging melintang serat daging dengan ukuran yang kurang lebih sama agar daging matang merata.

3. Tambahkan sedikit minyak saat daging direndam sebelum ditumis, sehingga daging terlumuri oleh minyak. Cara ini lebih efektif untuk mengurangi jumlah minyak yang digunakan saat menumis sekaligus memperkecil risiko daging menempel pada wajan.

4. Proses menumis membutuhkan suhu tinggi. Karena itu, gunakan minyak dengan titik asap yang tinggi seperti palm oil. Hindari penggunaan minyak dengan titik asap rendah seperti extra virgin olive oil.

5. Sebelum mulai menumis, pastikan wajan sudah cukup panas sehingga daging tidak membutuhkan waktu lama untuk matang. Teknik ini penting agar daging matang namun tetap juicy.

6. Menumis terlalu banyak daging pada saat yang bersamaan akan menurunkan suhu wajan, sehingga daging membutuhkan waktu lebih lama untuk matang dan daging pun menjadi keras. Karena itu, tumis daging secara bertahap.

7. Setelah daging dimasukkan ke dalam wajan panas, biarkan selama sekitar 30 detik tanpa diaduk agar sisi daging kecokelatan dan agak renyah. Teknik ini juga membantu memperkaya cita rasa daging.

 

Ada banyak resep tumis yang bisa Ibu coba, seperti resep Tumis Sapi dengan Jamur. Resep apa pun yang Ibu pilih, jangan lupa untuk menambahkan Royco rasa Sapi agar sajian tumis terasa semakin mantap. Sajian tumis apa yang paling disukai oleh keluarga Ibu?

 

 

Sumber:

beefandlamb.com.au/How_to/Cooking_beef_and_lamb/Stir-fry/How_to_Stir-Fry

cookinglight.com/cooking-101/techniques/cooking-class-sauteing


 
close