Artikel Terbaru

Tips Semur Daging Lezat untuk Berbuka Puasa

Saat memilih resep buka puasa, Ibu tentu akan mempertimbangkan masakan yang lezat dan disukai keluarga. Nah, semur daging yang nikmat dengan kuah yang manis dan gurih bisa menjadi salah satu pilihan, lho

Walaupun proses memasaknya cukup membutuhkan waktu, tapi acara berbuka puasa bersama keluarga pun tentu akan semakin dinanti kalau Ibu menyiapkan semur daging yang lezat.

 

Sebelum mencoba resep semur daging untuk sajian berbuka puasa, simak tips berikut ini:

1. Cita rasa semur biasanya didapat dari waktu masak yang agak lama, sehingga memasak semur adalah saat yang tepat untuk menggunakan bagian daging sapi yang agak keras seperti sengkel atau gandik.

2. Sebelum dimasukkan ke dalam kuah, tumis daging terlebih dulu hingga kecokelatan dan terkaramelisasi. Teknik ini akan membuat daging semakin kaya rasa. Tapi, pastikan Ibu menumisnya secara sedikit demi sedikit sehingga daging terkaramelisasi dengan baik.

3. Kuah semur biasanya manis dan tidak terlalu kental. Tapi, kalau Ibu menginginkan kuah yang lebih kental, lumuri saja potongan daging dengan sedikit tepung sebelum Ibu menumisnya hingga kecokelatan. Setelah terkaramelisasi, masukkan daging ke dalam kuah. Atau, Ibu juga bisa menambahkan kemiri sangrai ke dalam bumbu halus. Cara ini akan membuat kuah semur menjadi lebih kental dan kaya rasa.

4. Semur daging biasanya dilengkapi sayuran seperti wortel dan kentang. Masukkan sayuran ke dalam semur di akhir proses memasak. Memasukkan sayuran terlalu cepat ke dalam semur akan membuatnya menjadi terlalu matang dan lembek.

5. Sayuran yang digunakan dalam semur juga bisa dipanggang dulu dalam oven sebelum dimasukkan ke dalam kuah semur. Teknik ini akan membuat sayuran terasa lebih manis dan nikmat.

6. Masak semur dengan api kecil atau sedang hingga daging empuk. Hindari menggunakan api yang besar, ya. Proses memasak memang sedikit lebih lama, tapi cita rasa nikmat semur daging pasti akan lebih didapat.

7. Agar kuah semur semakin mantap, jangan ragu untuk menambahkan berbagai bumbu seperti pala, cengkih, kayu manis, ketumbar, jintan, dan lainnya. Tentu saja, kecap manis tidak boleh ketinggalan. Penambahan Royco rasa Sapi juga akan membuat kuah semur semakin lezat.

 

Resep semur daging biasanya memang membutuhkan waktu masak yang lebih lama. Tapi, kelezatan semur daging tentu sepadan dengan waktu yang Ibu habiskan untuk memasaknya. Selamat memasak sajian istimewa untuk buka puasa hari ini!

 

 

 

Sumber:

bonappetit.com/test-kitchen/common-mistakes/article/beef-stew-common-cooking-mistakes

thekitchn.com/5-mistakes-to-avoid-when-making-beef-stew-tips-from-the-kitchn-214917

jamieoliver.com/news-and-features/features/make-perfect-stew/#OpD5ScDKFMz6kg47.97

femina.co.id/daging/semur-daging



 
close