Artikel Terbaru

4 Variasi Tumis Kangkung untuk Masakan Sahur Praktis

Saat mencari masakan sahur, tumis sayuran yang mudah dibuat dan bergizi memang bisa jadi pilihan yang tepat. 

Salah satu resep masakan yang bisa Ibu coba untuk menu masakan sahur keluarga di bulan Ramadhan adalah resep tumis kangkung. Tapi, kalau Ibu terus menerus menyajikan tumis kangkung saat sahur, lama-lama keluarga pun akan jenuh, ya? Solusinya, siapkan sajian tumis kangkung dengan beberapa variasi yang lezat, seperti beberapa variasi bumbu tumis kangkung yang bisa Ibu coba berikut ini:

 

1. Kangkung Asam Jawa

Bahan-bahan yang digunakan dalam resep tumis kangkung ini sangat sederhana: bawang merah, bawang putih, dan cabai merah. Tapi, penggunaan air asam jawa dalam Resep Kangkung Asam Jawa ini membuat sajian terasa semakin nikmat karena kuahnya yang segar.

 

2. Kangkung Belacan

Tidak semua orang menyukai rasa dan aroma belacan alias terasi yang kuat. Tapi, bila diolah dengan tepat, belacan bisa membuat berbagai sajian semakin mantap. Salah satunya adalah tumis kangkung yang diberi tambahan sedikit terasi yang disangrai. Tips memilih dan menyimpan terasi di laman ini juga bisa membantu Ibu menyajikan tumis kangkung belacan untuk keluarga.

 

3. Tumis Kangkung Tauco

Tauco merupakan salah satu bahan khas Asia yang juga bisa Ibu gunakan pada resep tumis kangkung. Ibu bisa menggunakan tauco manis maupun tauco gurih untuk sajian ini. Tapi ingat, Ibu harus berhati-hati menambahkan garam serta bumbu lain pada tumis kangkung, karena tauco gurih biasanya sudah terasa asin. Jangan sampai tumis kangkung jadi terlalu asin, ya.

 

4. Kangkung Bawang Putih

Tumis sayuran dengan bawang putih merupakan salah satu variasi yang paling banyak ditemukan. Walau sederhana, rasa dan aroma tumis sayuran dengan bawang putih memang menggoda. Yang perlu Ibu ingat saat menggunakan bawang putih dalam tumis kangkung adalah menjaga agar bawang putih tidak gosong, karena bawang putih yang gosong akan membuat hidangan terasa pahit. Karena itu, jangan gunakan api yang terlalu besar saat menumis bawang putih, ya.

 

Selain bumbunya, Ibu juga bisa memvariasikan bahan yang Ibu tambahkan pada resep tumis kangkung, misalnya rebon, ampela, teri, atau bunga pepaya. Selain itu, simak pula tips memilih dan mengolah kangkung, sehingga Ibu bisa memilih dan mengolah kangkung segar dengan tepat. Jangan lupa juga untuk selalu menambahkan Royco All in One agar sajian tumis kangkung jadi lebih lezat. Perpaduan bumbu serta bahan-bahan segar tentu akan membuat tumis kangkung terasa lebih istimewa. Selamat mencoba!

 

 

 

Sumber:

female.kompas.com/read/2013/05/08/18442250/Tauco.yang.Enak..Baunya.Khas

thekitchn.com/how-to-stir-fry-vegetables-cooking-lessons-from-the-kitchn-171758



 
close