Artikel Terbaru

3 Bahan Pengganti Santan untuk Sayur Lodeh

Keluarga Ibu menyukai Sayur Lodeh? Sajikan saja hidangan lezat ini sebagai menu buka puasa hari ini. Tapi, penggunaan santan dalam sajian ini terkadang menjadi masalah, karena kandungan lemaknya yang tinggi. 

Itu sebabnya, santan termasuk salah satu bahan yang harus dihindari orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti kolesterol tinggi. Jadi, apakah orang yang tidak bisa mengonsumsi santan tidak bisa lagi menikmati sajian sedap seperti sayur lodeh? Tentu tidak! Santan bisa digantikan dengan bahan-bahan lain, kok.

 

Beberapa bahan yang bisa Ibu gunakan sebagai pengganti santan dalam masakan di antaranya adalah:

1. Susu

Susu skim ataupun susu full cream bisa jadi pilihan Ibu untuk menggantikan santan dalam sayur lodeh. Ibu juga bisa mencampur susu dan krim sebagai pengganti santan. Misalnya, 250 ml santan digantikan dengan campuran 125 ml susu skim dan 125 ml krim. Yang perlu diingat adalah sebaiknya Ibu tidak menggunakan api yang terlalu besar saat memasak sayur lodeh yang menggunakan susu agar kandungan nutrisi di dalamnya tidak rusak.

 

2. Susu Kedelai

Bagi mereka yang memiliki masalah intoleransi laktosa, susu kedelai bisa menjadi pengganti santan selain susu sapi. Takaran susu kedelai dalam resep adalah separuh dari takaran santan. Misalnya, kalau sayur lodeh menggunakan 500 ml santan, maka gantikan santan dengan 250 ml susu kedelai dan 250 ml air agar susu kedelai tidak terlalu kental.

 

3. Pasta Kacang

Rendam kacang almond atau kacang mete selama semalaman, lalu blender bersama air hangat atau susu. Pasta yang terbentuk bisa memberikan rasa gurih serta memberikan tekstur agak kental yang didapat dari penggunaan santan.

 

Salah satu resep sayur lodeh yang bisa Ibu coba adalah Lodeh Lebaran. Dari namanya saja sudah menunjukkan kalau Sayur Lodeh istimewa ini cocok dihidangkan saat bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, ya. Simak pula tips membuat sayur lodeh agar sayur lodeh buatan Ibu terasa semakin mantap. Tentunya, penambahan Royco rasa Ayam pada sajian ini adalah salah satu faktor kunci yang tidak boleh terlewatkan saat membuat sayur lodeh dengan kuah yang mantap.

 

Ingin sayur lodeh buatan Ibu semakin unik? Ibu bisa mengkreasikan bahan-bahan sayur lodeh dengan variasi bahan lainnya, lho. Sayur lodeh yang istimewa pun siap tersaji sebagai hidangan buka puasa yang lezat.

 

 

Sumber:

lifestyle.sindonews.com/read/946650/152/susu-kedelai-pengganti-susu-sapi-1420519382

female.kompas.com/read/2012/08/11/11435411/trik.mencampur.susu.dalam.masakan

food.detik.com/read/2013/02/01/154109/2158842/297/kalau-tak-suka-santan-ganti-saja-dengan-5-bahan-ini



 
close