Artikel Terbaru

5 Kreasi Cocolan Lezat Cumi Goreng untuk Sahur Istimewa

Cumi Goreng Tepung merupakan salah satu sajian populer yang banyak penggemarnya. Sajian ini juga mudah disiapkan, sehingga cocok untuk menu makanan sahur untuk keluarga. 

Cumi goreng tepung yang empuk dan renyah bisa disajikan hanya dengan saus sambal dan saus tomat botolan. Tapi, agar resep masakan sederhana ini jadi lebih istimewa dan tidak kalah dengan hidangan restoran, Ibu bisa menyajikannya bersama saus cocolan yang lezat. Cara membuatnya tidak sulit, kok. Berikut ini adalah beberapa saus yang bisa Ibu coba siapkan sebagai pelengkap sajian cumi goreng tepung:

 

1. Saus Madu

Seperti dalam resep Cumi Crispy Cocol Madu, Ibu bisa membuat saus lezat dari madu yang dicampur dengan air jeruk lemon, cabai rawit iris, serta daun seledri cincang. Rasa pedas maniscelupan ini pasti akan membuat keluarga Ibu semakin bersemangat menyantap makanan sahur buatan Ibu.

 

2. Saus Jeruk Nipis & Daun Ketumbar

Cara membuatnya adalah campurkan air jeruk nipis dengan daun ketumbar cincang, kulit jeruk parut, garam, merica hitam, sedikit gula merah, dan minyak. Walaupun tidak kental, kesegaran saus ini jelas cocok dengan cita rasa sajian Ibu.

 

3. Saus Lemon Mayones

Mayones yang dicampur dengan bawang putih cincang, air jeruk lemon, daun kemangi cincang, serta garam dan lada hitam akan menjadi saus cocolan dengan tekstur yang creamy namun tetap bercita rasa segar dan nikmat.

 

4. Saus Mayones ala Asia

Cara membuat saus ini mudah, cukup campurkan mayones dengan minyak wijen, bawang merah dan bawang putih cincang, madu, cuka, kecap asin, kecap ikan, dan mustard. Perpaduan semua bahan ini menghasilkan saus dengan cita rasa gurih dan manis yang lezat.

 

5. Saus Tomat Pedas

Saus tomat yang ini jelas lebih istimewa daripada saus tomat botolan. Untuk membuatnya, tumis bawang putih cincang dengan tomat yang telah dihaluskan, daun kemangi, oregano, dan keju parut. Kalau keluarga Ibu menyukai rasa pedas, Ibu juga bisa menambahkan cabai bubuk. Setelah dimasak hingga matang, saus tomat ini akan jadi pendamping yang nikmat untuk cumi goreng tepung yang renyah.

 

Selain saus celupan yang lezat, ada beberapa tips penting pula yang perlu Ibu perhatikan untuk menyiapkan cumi goreng tepung yang renyah dan tidak alot. Tambahkan pula Royco rasa Ayam pada adonan tepung yang Ibu gunakan untuk menyalut cumi. Dengan cara memasak yang tepat dan bahan-bahan yang segar, cumi goreng tepung buatan Ibu akan membuat menu makanan sahur terasa semakin istimewa.

 

 

Sumber:

taste.com.au/recipes/12984/crumbed+calamari+with+lime+and+coriander+dipping+sauce

bettycrocker.com/recipes/beer-battered-calamari-with-garlic-lemon-mayonnaise/c8794644-7e06-4882-b585-7389a9e3efb6

epicurious.com/recipes/food/views/five-spice-calamari-with-dipping-sauce-105150

examiner.com/article/easy-fried-calamari-with-spicy-marinara-sauce-st-joseph-s-day-recipe



 
close