Artikel Terbaru

Tips Dada Ayam Bakar Empuk dan Juicy

Dada ayam memang memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang lebih rendah dibandingkan daging sapi. Itulah sebabnya, dada ayam sering menjadi pilihan bagi mereka yang sedang menjalankan diet. 

Tapi tentu saja, agar tetap menjadi makanan sehat, dada ayam juga harus diolah dengan cara yang tepat.

 

Resep ayam bakar adalah salah satu cara mengolah dada ayam yang cukup sehat. Sayangnya, kandungan lemaknya yang rendah membuat dada ayam menjadi mudah kering dan keras bila dimasak dengan cara yang salah. Agar dada ayam empuk dan ‘juicy’, simak dulu beberapa tips berikut ini:

 

1. Dada ayam tanpa tulang biasanya memiliki ketebalan yang tidak merata. Karena itu, agar matang dengan sempurna, pukul-pukul dada ayam sehingga tiap bagiannya memiliki ketebalan yang sama.

 

2. Sebelum dibakar, rendam dada ayam selama 4 jam dengan bumbu dan rempah seperti merica, garam, bawang putih, kulit lemon parut, minyak zaitun, dan lain-lain. Langkah ini tidak hanya memperkaya cita rasa ayam, tapi juga membuatnya lebih empuk dan juicy. Kalau Ibu tidak punya banyak waktu untuk merendam dada ayam, Ibu bisa memilih bumbu kering atau bumbu berbentuk pasta.

 

3. Sebelum mulai membakar dada ayam, pastikan alat pemanggang telah cukup panas sehingga dada ayam mendapat panas yang cukup dalam waktu singkat. Pemanggang yang kurang panas membuat waktu panggang menjadi lebih lama sehingga ayam menjadi kering dan matang tidak merata.

 

4. Dada ayam tidak membutuhkan waktu masak yang lama. Umumnya, dada ayam yang dibakar akan matang setelah sekitar 10-12 menit. Jangan sampai dada ayam menjadi terlalu matang dan kering, ya.

 

Semoga tips di atas dapat membantu Ibu menyajikan hidangan dada ayam bakar yang lezat dan tidak kering. Tentu saja, bumbu yang digunakan dalam resep ayam untuk memperkaya rasa dada ayam juga harus diperhatikan. Selain bahan-bahan dalam resep ayam bakar kesukaan keluarga, tambahkan juga Royco rasa Ayam untuk ayam bakar yang gurih dan sedap. Selamat menikmati!

 

 

Sumber:

- sumber 1
- sumber 2

 

 
close