Artikel Terbaru

Tips Menyiapkan Dendeng Sapi

Dendeng merupakan salah satu variasi resep daging sapi yang cukup populer. Sajian daging sapi yang diiris tipis dan diberi bumbu ini memiliki 2 variasi, yaitu dendeng basah dan dendeng kering. Pada dendeng basah, irisan daging sapi tidak perlu dikeringkan. 

Pada resep ini, daging sapi dimasak, diiris tipis, lalu dimemarkan. Daging sapi kemudian diberi bumbu dan digoreng hingga kecokelatan. Salah satu contoh sajian dendeng sapi basah lezat yang bisa Ibu coba adalah Dendeng Salut Telur ala Royco.

 

Lalu, bagaimana dengan dendeng kering? Sajian dendeng ini juga banyak penggemarnya karena daging sapi pada sajian ini terasa lebih renyah. Cara membuatnya tidak terlalu jauh berbeda dengan dendeng sapi basah. Bedanya, sebelum digoreng, daging sapi yang telah disiapkan itu harus dikeringkan dulu hingga benar-benar garing.

 

Untuk membuat dendeng sapi kering, daging sapi direbus dulu bersama bumbu halus dan Royco rasa Sapi  hingga hampir matang. Setelah itu, daging diiris tipis dan dibumbui dengan tumisan bumbu halus yang terdiri dari cabai merah, cabai rawit, dan air jeruk nipis. Ibu juga bisa menggunakan campuran bumbu lain sesuai selera keluarga Ibu. Misalnya, kalau keluarga Ibu tidak menyukai pedas, Ibu bisa menggantikan cabai dengan bahan lain seperti bawang merah dan bawang putih.

 

Setelah proses ini, dendeng sapi dikeringkan hingga benar-benar garing. Ada 2 cara mengeringkan daging sapi yang bisa Ibu coba:

1. Dengan cara dijemur

Dendeng sapi yang telah siap dikeringkan harus dijemur di bawah terik matahari sepanjang hari. Setelah daging kering, dendeng bisa diolah lebih lanjut. Tentu saja, teknik ini hanya bisa dilakukan jika matahari bersinar terik sepanjang hari, sehingga dendeng sapi benar-benar garing.

 

2. Dengan cara dipanggang dalam oven

Cara ini lebih praktis dan cepat dibandingkan menjemur di bawah terik matahari langsung. Caranya, panggang dendeng sapi yang telah dibumbui dalam oven hingga kering. Jika sudah kering, goreng dendeng dengan minyak. Setelah itu, Ibu bisa menambahkan aneka bumbu, seperti bumbu balado.

 

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat membuat dendeng adalah memilih bagian daging sapi yang tepat. Bagian daging sapi yang cocok untuk diolah menjadi dendeng adalah daging yang keras, tidak mudah hancur, dan membutuhkan waktu lama untuk matang, seperti bagian gandik sapi. Dengan penggunaan daging serta bumbu yang tepat, dendeng buatan Ibu pasti sedap tersaji untuk keluarga.

 

 

Sumber:

-sumber 1
- sumber 2



 
close