Artikel Terbaru

4 Pilihan Sajian Lezat untuk Ramadhan

Puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadhan bukan hal yang enteng. Walaupun sedang berpuasa, tentunya Ibu dan keluarga harus tetap beribadah dan menjalankan aktivitas di siang hari. 

Karena itulah, Ibu harus cermat memilih resep masakan Ramadhan yang bergizi namun tetap lezat untuk dihidangkan kepada keluarga.

 

Idealnya, asupan nutrisi selama berpuasa tidak berubah banyak dengan saat tidak berpuasa. Makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa harus mengandung buah dan sayuran, sumber protein, serta makanan yang mengandung lemak dan gula sehat. Itu sebabnya, Ibu tak bisa sembarangan menyiapkan hidangan untuk keluarga, karena kebutuhan nutrisi harian harus terpenuhi dari 2 waktu makan saja. Berikut ini adalah beberapa inspirasi sajian bernutrisi dan lezat yang bisa Ibu siapkan untuk keluarga selama Ramadhan:

 

1. Sup Kacang Merah 

Kacang merah memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan, apalagi bila disajikan dengan bahan bergizi lain seperti daging sapi, wortel, dan tomat. Memasak kacang merah memang perlu waktu ekstra karena kacang merah harus direndam dulu semalaman sebelum diolah. Tapi, Ibu bisa mempersingkat waktu masak dengan cara memasak kacang merah dengan panci tekan (presto).

 

2. Sup Apel Ikan Patin

Penggunaan buah dalam hidangan utama adalah cara mudah untuk melengkapi asupan nutrisi, contohnya adalah menggunakan apel yang kaya senyawa aktif berupa polyphenols dan vitamin C dalam sajian sup ikan patin yang lezat. Salah satu jenis apel yang cocok digunakan dalam masakan adalah apel malang yang memiliki tekstur lebih keras, sehingga kerenyahan apel tetap terjaga walau telah dimasak.

 

3. Kembang Kol Saus Tiram 

Sajian ini menggunakan bahan-bahan bergizi seperti kembang kol, udang, wortel, dan telur puyuh. Agar kembang kol matang sempurna, Ibu bisa memasaknya secara terpisah dari bahan lainnya. Rebus kembang kol dalam air yang telah ditambah sedikit air jeruk nipis agar kembang kol tidak berubah warna menjadi kecokelatan. Masak hingga kembang kol setengah matang, lalu tiriskan. Setelah itu, masak kembang kol bersama bahan lainnya hingga matang.

 

4. Tempe Asem Pedas

Tempe sering dipandang sebelah mata sebagai bahan makanan yang kurang ‘elit’. Padahal, kandungan nutrisi tempe tidak kalah dengan bahan makanan lain yang jauh lebih mahal. Kelebihan lain dari tempe adalah kepraktisannya. Contohnya adalah resep Tempe Asem Pedas yang amat mudah disiapkan sehingga cocok untuk sajian selama Ramadhan.

 

Cermat memilih sajian sahur dan berbuka puasa tak hanya membantu menjaga kesehatan Ibu dan keluarga, lho. Mereka yang ingin memanfaatkan bulan puasa untuk menurunkan berat badan juga bisa mendapatkan manfaat dari resep masakan Ramadhan yang sehat dan bergizi. Tapi, tentunya sajian yang Ibu siapkan tidak hanya harus bergizi, tapi juga lezat. Jadi, jangan lupa menambahkan Royco Bumbu Penyedap Serbaguna untuk memperkaya cita rasa resep masakan Ramadhan buatan Ibu, ya. Dengan sajian yang lezat dan bergizi, Ibu dan keluarga pun bisa beribadah dengan lancar selama bulan Ramadhan. Selamat berpuasa!


 

Sumber:

sumber 1

sumber 2

sumber 3

sumber 4

 
close