Artikel Terbaru

Tips Membuat Ketupat Kenyal dan Lezat untuk Idul Fitri

Ketupat merupakan sajian wajib di saat perayaan Lebaran. Bila tidak menikmati ketupat saat Lebaran, rasanya seperti ada yang kurang, ya? 

Nah, sebelum Lebaran tiba, yuk membekali diri dengan tips-tips dan cara membuat ketupat berikut ini, sehingga Ibu bisa menyajikan ketupat yang matang sempurna, kenyal, dan tidak lembek untuk keluarga.

 

1.     Pilih selongsong ketupat yang berukuran kurang lebih sama agar ketupat matang secara merata. Pastikan juga selongsongnya masih segar berwarna kuning muda kehijauan dan belum berubah warna menjadi kecokelatan. Dengan selongsong yang segar, ketupat akan terlihat bersih dan putih.

 

2.     Untuk mendapatkan tekstur ketupat yang kenyal, sebaiknya ketupat dibuat menggunakan beras yang pulen seperti Pandan Wangi atau Rojolele.

 

3.     Sebelum diolah lebih lanjut, rendam beras selama sekitar 30 menit. Bila perlu, tambahkan sedikit air kapur sirih dalam rendaman beras. Takarannya adalah 1 sendok makan air kapur sirih untuk setiap 500 gram beras. Setelah selesai direndam, cuci beras dengan air bersih.

 

4.     Isi ketupat secukupnya dengan beras yang telah diaron. Kalau Ibu menggunakan beras yang pulen, isi selongsong ketupat hingga 2/3-nya. Kalau Ibu menggunakan beras yang pera, selongsong ketupat cukup diisi hingga setengahnya saja.

 

5.     Saat direbus, ketupat harus terendam seluruhnya dalam air. Karena itu, gunakan panci berukuran besar. Bila ada beberapa ketupat yang mengapung, beri pemberat agar ketupat tetap terendam sempurna dalam air. Atau, bisa juga dengan mengikat 5-6 ketupat bersama saat akan dimasukkan ke dalam panci agar terendam sempurna.

 

6.     Tambahkan Royco rasa Ayam dalam air yang dipakai untuk merebus ketupat, seperti dalam resep Ketupat Nasi Merah. Dengan cara ini, ketupat akan menjadi semakin gurih dan lezat.

 

7.     Biasanya, ketupat perlu direbus hingga 4-5 jam. Selama proses perebusan, jaga agar air rebusan tidak habis dan seluruh bagian ketupat tetap terendam dalam air. Kalau air rebusan mulai berkurang, tambahkan air panas hingga ketupat kembali terendam sempurna.

 

8.     Setelah ketupat matang, siram dengan air dingin untuk membersihkan ketupat dari kotoran dan lendir yang tersisa dalam ketupat. Setelah itu, gantung ketupat untuk meniriskannya hingga benar-benar kering. Langkah ini diperlukan agar ketupat tidak mudah basi.

 

9.     Untuk menghemat waktu, Ibu juga bisa memasak ketupat dengan panci tekan. Dengan bantuan alat dapur ini, ketupat hanya perlu dimasak dengan api sedang selama sekitar 1 jam. Tips aman menggunakan panci tekan (presto) bisa Ibu simak di laman ini.

 

10.  Simpan ketupat di dalam kulkas agar tidak mudah basi. Saat akan menyajikannya dalam keadaan hangat, hindari merebusnya kembali. Sebaiknya, kukus ketupat untuk menghangatkannya. Setelah dikukus, gantung kembali ketupat selama beberapa saat untuk meniriskannya hingga kering sebelum dihidangkan.

 

Tips dan cara membuat ketupat di atas akan membantu Ibu menyajikan ketupat yang lezat untuk keluarga. Tidak akan ada lagi ketupat yang lembek atau pun keras saat Lebaran. Selamat mencoba!

 

 

Sumber:

sumber 1

sumber 2

sumber 3

sumber 4


 
close