Artikel Terbaru

4 Inspirasi Sajian Ayam untuk Lebaran Selain Opor

Salah satu sajian ayam yang identik dengan perayaan Lebaran adalah Opor Ayam. Hidangan ayam dengan kuah santan yang gurih ini selalu pas ketika dipadukan dengan ketupat. 

Tapi, bukan berarti Opor Ayam adalah satu-satunya sajian ayam yang bisa Ibu siapkan saat Lebaran, lho. Ada banyak resep masakan dari ayam lainnya yang bisa Ibu coba. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

 

1. Rawon Ayam

Dengan kuah kentalnya yang berwarna hitam, rawon merupakan salah satu sajian khas Indonesia yang unik. Walaupun biasanya resep rawon menggunakan daging sapi, Ibu juga bisa menggunakan ayam dalam hidangan ini. Cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan rawon daging sapi, kok. Tentunya, bahan yang membedakan rawon dengan sajian lainnya adalah kluwak. Agar Ibu bisa mengolah kluwak dengan tepat melalui tips di laman ini.

 

2. Ayam Gulai Rebung

Rebung yang bergizi dipadukan dengan ayam yang empuk dan kuah santan yang gurih bisa jadi teman sajian ketupat yang lezat. Proses memasak Ayam Gulai Rebung tidak rumit. Tapi, untuk mendapatkan rebung yang empuk dan tidak beraroma kurang sedap, Ibu memang perlu melakukan beberapa langkah ekstra, seperti merebus dan merendam rebung sebelum diolah. Ibu bisa memilih menggunakan rebung bambu kuning atau rebung bambu cina. Tapi, biasanya rebung bambu cina memiliki cita rasa yang lebih lezat. Untuk tahu tips lainnya dalam mengolah rebung, simak saja di laman ini.

 

3. Ayam Bakar Bumbu Rujak

Ayam Bakar dengan bumbu pedas menggoda lidah akan menyemarakkan meja makan keluarga di hari yang istimewa. Agar bumbu meresap sempurna, ungkep ayam dengan baik menggunakan api kecil hingga bumbu menyusut. Teknik mengungkep ini juga membantu Ibu menyajikan ayam bakar yang matang sempurna. Tips lain untuk membakar ayam bisa Ibu simak di sini.

 

4. Kari Ayam Nanas

Santan yang gurih cocok dipadukan dengan cita rasa asam dan segar dari nanas. Contohnya seperti dalam sajian Kari Ayam Nanas. Tapi, kalau Ibu akan menggunakan nanas dalam masakan ini, gunakan nanas kalengan, ya. Nanas segar mengandung enzim bromelain yang bisa mengempukkan daging. Bila nanas segar digunakan dalam masakan ini, Ibu cukup menambahkannya sesaat sebelum sajian akan diangkat dari api.

 

Saat menyiapkan resep masakan dari ayam seperti resep yang disebutkan di atas, pastikan Ibu tidak lupa menambahkan Royco Bumbu Penyedap Serbaguna rasa Ayam. Sajian pun akan memiliki rasa ayam yang semakin mantap! Jadi, resep masakan dari ayam mana yang akan Ibu sajikan pada Lebaran tahun ini?

 

 

Sumber:

sumber 1

sumber 2


 
close