Artikel Terbaru

4 Kreasi Lokal dari Sajian Internasional

Indonesia punya banyak sajian khas yang tidak kalah lezat dan menarik dengan hidangan-hidangan internasional. Kuliner Indonesia juga memiliki cita rasa unik yang bisa dikreasikan dengan berbagai cara, misalnya dipadukan dengan hidangan internasional. 

Ibu ingin mencoba membuat hidangan perpaduan antara sajian lokal dan internasional yang juga dikenal dengan istilah fusion? Beberapa resep masakan rumah berikut ini bisa jadi inspirasi:

 

1. Roti Isi Cakalang

Sajian sandwich atau roti isi merupakan sajian internasional yang mudah dikreasikan, salah satunya adalah kreasi Roti Isi Cakalang. Dalam resep ini, Ibu bisa menggunakan ikan cakalang segar, ikan cakalang kalengan, atau ikan cakalang asap yang siap diolah. Kalau Ibu menggunakan ikan cakalang asap, pilihlah yang dagingnya agak keras yang menunjukkan bahwa ikan masih segar. Kukus cakalang asap terlebih dulu, suwir, lalu pisahkan daging ikan dari tulangnya. Setelah cakalang siap, Ibu bisa mengolahnya seperti pada resep.

 

2. Tempura Saus Balado

Tempura di restoran Jepang biasa disajikan bersama saus bercita rasa gurih manis. Tapi, kenapa Ibu tidak mencoba menyajikannya dengan saus balado yang pedas? Dalam resep Tempura Saus Balado, Ibu bisa menggunakan berbagai macam sayuran dengan kadar air rendah seperti jagung muda, wortel, zukini, dan brokoli. Ibu juga bisa mengkreasikan tempura dengan berbagai macam saus atau sambal khas Indonesia lainnya, lho. Bagaimana dengan tempura saus roa? Atau tempura saus sambal hijau? Banyak variasi yang bisa Ibu coba!

 

3. Burger Ayam Suwir Bali

Burger ayam biasanya dihidangkan dengan saus mayones atau saus barbecue. Tapi, pada resep Burger Ayam Suwir Bali, ayam suwir dicampur dengan bumbu khas Bali yang harum dan sedikit pedas. Cara membuatnya pun tidak sulit, terutama kalau Ibu sudah memiliki ayam suwir yang siap diolah di kulkas. Untuk membuat ayam suwir dengan mudah, simak tipsnya di laman ini.

 

4. Lasagna Pangsit Kukus

Lasagna juga bisa dikreasikan menggunakan bahan makanan yang mudah ditemui di Indonesia, yaitu pangsit. Bahan-bahan lain dalam resep Lasagna Kulit Pangsit Kukus tidak jauh berbeda dengan bahan-bahan dalam resep Lasagna pada umumnya. Jadi, cita rasa kreasi Lasagna lokal ini tentu tidak akan kalah dengan Lasagna khas Italia. Tentu saja, Ibu harus menggunakan kulit pangsit yang berkualitas. Untuk memilih kulit pangsit siap pakai, simak tipsnya di sini, ya.

 

Inspirasi kreasi resep masakan rumah yang lezat bisa datang dari mana saja, termasuk dari hidangan internasional yang sudah populer. Jadi, hidangan internasional rasa lokal manakah yang akan Ibu siapkan hari ini?

 

 

Sumber:

food.detik.com/ramadan/read/2014/07/04/145410/2627979/312/

finecooking.com/articles/light-delicate-tempura.aspx


 
close