Artikel Terbaru

5 Jenis Keju Populer untuk Sajian Rumahan

Memang tidak banyak masakan khas Nusantara yang menggunakan keju sebagai salah satu bahannya. Tapi, keju juga banyak ditemukan dalam masakan rumahan yang praktis dan mudah disiapkan, 

misalnya saja pada resep Makaroni Keju atau Broccoli and Cheese. Perpaduan cita rasa keju dengan Royco pada resep membuat hidangan makaroni dan brokoli jadi semakin lezat. Karena itu, yuk kita coba menggunakan beberapa jenis keju dalam hidangan Ibu!

 

Tapi, sebelumnya pelajari dulu jenis-jenis keju yang populer di Indonesia dan bisa Ibu gunakan dalam hidangan. Walaupun ada banyak jenis keju dari seluruh dunia, ada beberapa jenis keju yang lebih populer dan mudah ditemukan di Indonesia, di antaranya:

1. Cheddar

Keju Cheddar berasal dari Inggris dan memiliki warna antara kuning pucat hingga putih gading. Tiruan keju ini paling mudah ditemukan di Indonesia dengan harga yang relatif terjangkau sehingga paling sering digunakan oleh banyak dapur rumahan di Indonesia. Tapi, jenis keju ini sebenarnya paling cocok digunakan dalam sajian seperti sandwich dan kaserol.

 

2. Parmesan

Keju yang berasal dari Italia ini juga bisa ditemukan dengan mudah di beberapa supermarket di Indonesia, baik dalam keadaan utuh maupun yang sudah diparut. Keju parmesan parut sering digunakan dalam salad dan pasta.

 

3. Mozzarella

Mozzarella merupakan keju Italia yang terbuat dari susu sapi atau susu kerbau. Belakangan ini, keju mozzarella mulai bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Bahkan, Indonesia telah memiliki produsen keju mozzarella lokal, lho. Keju mozzarella biasa digunakan dalam sajian sandwich atau pizza. Tapi, Ibu juga bisa menikmatinya secara langsung dengan taburan merica, garam, dan minyak zaitun. Lezat!

 

4. Gouda

Keju yang terbuat dari susu sapi ini berasal dari Belanda. Tapi, belakangan ini keju gouda juga diproduksi oleh produsen keju lokal sehingga bisa didapat di Indonesia dengan lebih mudah dan dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Keju berwarna kuning susu ini memiliki aroma yang tajam dan penggunaannya tergantung pada usia keju tersebut. Keju Gouda yang sudah tua bisa digunakan pada sajian roti, sandwich, dan pasta, atau pada sajian yang menggunakan merica dan bawang putih. Sedangkan keju gouda yang masih muda memiliki tekstur yang lembut dan gampang meleleh, sehingga bisa dinikmati secara langsung.

 

5. Edam

Tampilan keju edam paling menonjol dibanding jenis keju lainnya, karena bentuknya yang bulat dan warnanya yang merah. Kandungan lemak pada keju edam biasanya lebih rendah dibanding keju lainnya. Biasanya, keju ini digunakan pada sajian kue kering seperti kastengel.

 

Belakangan ini, semakin banyak jenis keju yang dijual di pasaran Indonesia, sehingga Ibu bisa mendapatkan berbagai macam keju dengan lebih mudah. Setelah itu, Ibu bisa mengkreasikan jenis keju dalam berbagai macam masakan rumahan yang Ibu siapkan. Sajian buatan Ibu pasti akan terasa semakin istimewa.

 

Sumber:

vemale.com/kuliner/tips-dapur/64015-4-jenis-keju-yang-umum-digunakan-di-indonesia.html

tempo.co/read/news/2015/04/14/201657689/berkenalan-dengan-keju-lokal-rasa-eropa

lifestyle.okezone.com/read/2016/01/20/298/1292954/yuk-lebih-mengenal-keju-gouda-yang-populer

seriouseats.com/2011/10/13-cheeses-everyone-should-know.html


 
close