Artikel Terbaru

5 Langkah Membersihkan Udang Sebelum Dimasak

Udang Cah Mangga Dua dan Tumis Buncis Udang ala Royco adalah contoh masakan rumahan berbahan dasar udang yang bisa Ibu coba dengan mudah. Tapi, sebelum mengolah udang dalam resep tersebut, penting untuk memilih udang yang segar dan berkualitas baik agar cita rasa masakan yang Ibu hasilkan lebih lezat. Tips memilih udang yang segar dapat Ibu baca pada laman ini, ya.

 

Setelah memperoleh udang yang segar, Ibu perlu membersihkannya agar masakan rumahan yang Ibu hasilkan lebih sempurna. Berikut ini adalah langkah membersihkan udang sebelum dimasak:

1. Gunakan sarung tangan

Mengenakan sarung tangan bertujuan agar tangan Ibu terhindar dari bau amis udang dan udang juga terbebas dari kontaminasi bakteri yang mungkin menempel di tangan. Kenakan sarung tangan berbahan plastik atau karet (bukan kain) ya Bu, karena bahan tersebut tidak menyerap air sehingga tangan ibu akan terlindungi dari aroma amis udang. Selain itu, penggunaan sarung tangan juga memperkecil risiko iritasi yang terkadang timbul ketika sedang membersihkan udang.

 

2. Buang kepala udang

Mengupas udang dimulai dengan membuang bagian kepalanya dengan cara dipatahkan. Caranya, pegang badan udang dengan tangan kiri, lalu pegang bagian kepala dengan tangan kanan. Patahkan kepalanya dengan cara menariknya ke bawah. Lakukan dengan perlahan agar tidak merusak daging udang yang bertekstur lembut dan mudah hancur.

 

3. Kupas kulit udang

Kupas udang dengan menarik bagian kulit dekat kakinya menuju ke arah punggung. Sisakan bagian ekornya jika Ibu ingin menyalut udang dengan tepung agar mudah memegangnya dan juga bisa membuat hidangan terlihat lebih cantik. Lakukan proses pengupasan kulit udang dengan hati-hati agar tidak menghancurkan dagingnya. Bagian kepala dan kulit udang dapat dimanfaatkan untuk membuat kaldu.

 

4. Buang bagian punggung udang

Bagian punggung udang berisi kotoran sehingga perlu dibuang sebelum diolah menjadi berbagai masakan rumahan. Gunakan bagian tajam dari tusuk gigi untuk mencungkil kotoran pada punggung udang dengan mengikuti garis punggung secara perlahan. Atau, Ibu juga bisa membelah punggung udang dengan pisau yang tajam, lalu mengeluarkan kotorannya.

 

5. Cuci bersih dengan air mengalir

Setelah semua tahap di atas selesai dilakukan, Ibu dapat langsung mencuci udang dengan air mengalir. Jika Ibu ingin mengurangi aroma amis dari udang, lumuri dengan air jeruk nipis atau belimbing wuluh, lalu diamkan sejenak sebelum dicuci kembali dengan air bersih.

 

Memasak sajian berbahan udang itu tidak sulit kok, Bu. Dengan resep-resep yang mudah dicoba dan berbagai tips seputar memasak yang disajikan Royco, Ibu yang baru belajar memasak pun bahkan bisa menghidangkan sajian lezat yang istimewa untuk keluarga di rumah. Agar proses memasak jadi lebih praktis, gunakan selalu Royco dalam setiap masakan Ibu, ya. Yuk, coba memasak sajian berbahan udang hari ini, Bu.

 

Sumber:

- sumber 1
- sumber 2

 
close