Artikel Terbaru

3 Tips Agar Santan Tidak Pecah Saat Dimasak

Santan umumnya digunakan sebagai penambah rasa gurih pada resep-resep makanan. Bagi Ibu yang belum tahu bagaimana cara memasak santan agar tidak pecah, berikut tips yang bisa dicoba:

 

1. Masak santan dengan api kecil

Perlu diketahui, santan merupakan suatu zat yang terdiri dari minyak dan air yang dapat pecah oleh suhu tinggi. Jika sudah pecah, santan tidak bisa bercampur dengan bahan lainnya. Maka dari itu, gunakan api kecil ketika memasak makanan dengan penggunaan santan ya, Bu.

 

2. Terus aduk selama memasak

Terus aduk santan sampai mendidih supaya tetap solid dan rasanya semakin lezat ya, Bu. Hindari meninggalkan santan saat merebusnya agar tidak pecah. Jika sudah mendidih, segera matikan api dan jangan menunggu santan sampai naik dan berbusa.

 

3. Masukkan santan di akhir proses

Rebus santan secara terpisah terlebih dahulu. Jangan lupa, gunakan api kecil dan terus aduk selama proses perebusan. Dinginkan santan, lalu tuangkan di akhir proses memasak supaya tidak pecah. Aduk-aduk perlahan menggunakan api kecil hingga tercampur dengan bumbu lainnya. Cara ini juga berguna untuk menjaga aroma santan agar tetap harum.

 

Beberapa inspirasi resep masakan berbahan santan dari Royco yang bisa Ibu coba dengan mudah antara lain adalah:

 

1. Lodeh Ikan Asap

Selama ini, sayur lodeh identik dengan sayuran seperti kacang panjang, labu, terung, dan daun melinjo. Tapi, sajian berkuah santan ini juga bisa diperkaya dengan bahan berupa ikan asap dan tahu pong, lho. Saat semua sayuran dimasak bersama kuah santan, Ibu tinggal menambahkan tahu pong dan ikan asapnya. Jangan lupa, gunakan Royco rasa Sapi agar sajian Lodeh Ikan Asap buatan Ibu semakin kaya cita rasa.

 

2. Kari Ayam Pedas

Hidangan yang satu ini nikmat disajikan bersama nasi putih hangat, lontong, ketupat, atau roti canai. Ayam yang dimasak bersama berbagai bumbu rempah dan dipadu santan ini bisa menjadi pilihan hidangan lezat untuk menyambut tamu, lho. Jangan lupa, terapkan tips di atas saat memasak Kari Ayam Pedas dan gunakan selalu Royco rasa Ayam agar sajian buatan Ibu semakin mantap rasa ayamnya.

 

Jangan ragu lagi untuk mencoba resep-resep masakan berkuah santan ya, Bu. Dengan tips di atas, sajian berkuah santan buatan Ibu pasti akan tersaji sempurna. Resep manakah yang akan Ibu coba hari ini?

 

Sumber:

- sumber 1

- sumber 2


 
close