Artikel Terbaru

5 Langkah Tepat Menangani Daging Ayam Sebelum Dimasak

Keluarga Ibu suka masakan berbahan daging ayam? Beberapa resep masakan dari ayam yang bisa Ibu coba antara lain adalah Ayam Goreng Sambal Ebi, Ayam Bumbu Hijau, dan Ayam Goreng Madu

Dengan penggunaan Royco rasa Ayam, Royco All in One, dan Royco Bumbu Komplit Ayam Goreng, sajian tersebut tentu akan menggoda selera keluarga Ibu.

 

Tapi, tahukah Ibu bahwa daging ayam mentah mengandung bakteri E. Coli dan Salmonella penyabab diare dan tipes? Oleh karena itu, sebelum mengolahnya dalam berbagai resep masakan dari ayam, diperlukan cara tepat untuk menangani daging ayam agar bakteri tersebut tidak menyebar di dapur. Berikut 5 langkah tepat menangani daging ayam sebelum dimasak:

 

1. Hindari mencuci daging ayam mentah karena mengandung banyak bakteri. Mencuci dengan air mengalir justru akan menyebarkan bakterinya karena air mengalir yang mengenai daging ayam mentah akan terciprat ke mana-mana. Jika Ibu tetap ingin mencucinya sebelum dimasak,  siramlah dengan air panas.

 

2. Jika Ibu ingin mencairkan daging ayam beku untuk dimasak, simpan di dalam wadah tertutup dan letakkan di dalam kulkas. Hindari mengangin-anginkannya di suhu ruangan karena cara ini hanya akan mengingkatkan jumlah bakterinya. Hindari pula mencairkan daging ayam beku dengan merendamnya di dalam wadah berisi air.

 

3. Letakkan daging ayam yang ingin dicairkan pada rak paling bawah di dalam kulkas. Meletakkannya pada rak bagian atas kulkas dapat mengontaminasi bahan makanan di bawahnya karena cairannya akan menetes dan dikhawatirkan akan mengenai makanan lain.

 

4. Pisahkan peralatan masak untuk mengolah daging ayam mentah dengan peralatan masak lainnya. Peralatan masak tersebut antara lain pisau, talenan, dan wadah pembungkus daging ayam mentah. Jika tepaksa harus menggunakan peralatan masak yang sama, pastikan Ibu mencucinya dengan bersih sebelum menggunakannya untuk bahan makanan lain.

 

5. Setelah menangani daging ayam mentah, pastikan Ibu mencuci tangan dengan sabun sampai bersih sebelum menyentuh bahan makanan lain.

 

Bukan hanya rasa saja yang terpenting dari sebuah masakan. Kebersihannya juga perlu dijaga agar makanan menjadi sumber gizi yang baik bagi keluarga, bukan justru menyebabkan penyakit. Dengan memasak sendiri berbagai resep masakan dari ayam, Ibu dapat memastikan kebersihannya. Jika Ibu membeli makanan di luar, belum tentu sang penjual menerapkan langkah-langkah di atas saat mengolah masakannya. Jadi, yuk masak sendiri sajian untuk keluarga dengan cara yang higienis, Bu!

 

 

Sumber:

- sumber 1
- sumber 2

- sumber 3


 
close