Artikel Terbaru

4 Tips Menyimpan Kentang Agar Lebih Tahan Lama

Kentang dapat digunakan sebagai alternatif sumber karbohidrat pengganti nasi. Beberapa resep masakan mudah dengan bahan kentang yang harus Ibu coba antara lain adalah Kentang Kukus Krim Jagung, Kentang Goreng Sambel Ijo, atau Kentang Goreng Pizza. Namun, jika Ibu tidak langsung mengolah kentang untuk resep di atas setelah membelinya, coba terapkan tips-tips berikut ini agar kentang yang Ibu simpan bisa tahan lebih lama.

 

1. Hindari mencuci kentang sebelum disimpan

Walaupun memang biasanya terdapat sedikit sisa tanah pada kulit kentang, jangan tergoda untuk mencucinya sebelum disimpan ya, Bu. Cucilah kentang saat akan dimasak saja. Mencuci kentang sebelum menyimpannya akan membuat kentang menjadi lembap dan mudah ditumbuhi bakteri atau jamur. Akibatnya kentang yang Ibu simpan akan menjadi cepat busuk.

 

2. Simpan di suhu ruang

Hindari menyimpan kentang di dalam kulkas ya, Bu. Selain itu, hindari juga menyimpan kentang di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung. Kelembapan yang tinggi di dalam kulkas dan sinar matahari dapat membantu mempercepat pertumbuhan tunas pada kentang. Ketika tunas sudah mulai tumbuh pada kentang, sebaiknya kentang tersebut tidak dikonsumsi lagi. Tidak hanya itu, umumnya warna kulit kentang akan berubah menjadi kehijauan. Kulit kentang yang telah berubah warna tersebut berarti sudah mengandung racun yang bernama solanin sehingga sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

 

3. Buang kentang yang busuk

Jika Ibu menemukan kentang yang sudah mulai membusuk, segera pisahkan dengan kentang lainnya yang masih dalam kondisi prima. Bakteri pada kentang yang sudah busuk akan mudah berpindah pada kentang lain dan kemudian mengontaminasinya. Jika tidak segera dipisahkan, kentang yang berkualitas prima pun akan berkurang umur simpannya.

 

4. Hindarkan menyimpan kentang bersama bawang

Menyimpan kentang bersama bawang dalam satu wadah akan menyebabkan gas yang dihasilkan keduanya saling merusak satu sama lain. Ibu tentu tidak mau kentang dan bawang yang ibu simpan menjadi rusak, bukan? Jadi, simpan kedua jenis sayur ini di dalam wadah yang terpisah, ya.

 

Dengan tips-tips di atas, kentang dapat Ibu simpan hingga dua bulan. Cukup lama, bukan? Jadi Ibu tidak perlu lagi ragu untuk mencoba berbagai resep masakan mudah dengan bahan dasar kentang. Variasikan sumber karbohidrat bagi keluarga Ibu dengan kentang agar asupan gizi keluarga semakin beragam. Jangan lupa, siapkan Royco All In One dan Royco Sup Krim Jagung saat mencoba resep-resep di atas agar cita rasa masakan Ibu lebih sempurna.

 

 

Sumber:

lifestyle.okezone.com

sahabatnestle.co.id

vemale.com


 
close