Artikel Terbaru

5 Jenis Tepung dan Penggunaannya dalam Resep

Tepung merupakan bahan masakan berbentuk serbuk yang biasa digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan. Apakah Ibu sudah mengenali apa saja jenis tepung yang ada di pasaran? 

Jika belum, simak penjelasan dari Royco tentang berbagai jenis tepung yang umum di Indonesia beserta penggunaanya dalam resep masakan mudah berikut ini.

 

1. Tepung Terigu

Tepung terigu terbuat dari gandum dan sering dibuat menjadi berbagai mi, kue, atau roti. Dalam masakan, tepung terigu sering kali dibuat sebagai bahan penyalut makanan yang digoreng crispy seperti ikan, daging, tahu, tempe, maupun sayuran. Contoh penggunaannya bisa Ibu pelajari pada resep Steak Ayam ala Royco.

 

2. Tepung Tapioka

Tepung ini berasal dari umbi singkong yang dapat menghasilkan tekstur kenyal saat dipanaskan bersama air. Tepung ini juga biasa digunakan sebagai bahan campuran bakso agar lebih kenyal. Tapi, ternyata tepung tapioka juga bisa diolah menjadi pizza yang lezat lho, Bu. Simak saja resep masakan mudah dari Royco Pizza Tahu.

 

3. Tepung Maizena

Tepung maizena berasal dari biji jagung yang dihaluskan. Fungsi umumnya adalah sebagai perenyah tepung crispy atau pengental sup. Contoh penggunaannya ada dalam resep Ikan Goreng Telur Asin. Pada resep ini, tepung maizena dicampur dengan tepung terigu agar hidangan ikan goreng yang dihasilkan lebih renyah. Ibu juga bisa menggunakan Royco Bumbu Komplit Ikan Goreng agar proses memasak jadi lebih praktis dan cepat.

 

4. Tepung Roti

Tepung roti atau dikenal juga dengan sebutan tepung panir terbuat dari remahan roti yang telah dikeringkan. Teksturnya cenderung kasar jika dibandingkan dengan tepung pada umumnya. Fungsi tepung roti adalah untuk melapisi aneka bahan makanan yang digoreng agar hasilnya lebih renyah dan tidak menyerap banyak minyak. Untuk melekatkan tepung ini pada bahan makanan yang akan digoreng, Ibu bisa menggunakan telur kocok sebagai pelapis awal. Contoh resep masakan mudah yang menggunakan tepung roti Tempe Fries.

 

5. Tepung sagu

Tepung yang berasal dari sari pati sagu ini memiliki fungsi yang mirip dengan tepung tapioka, yakni untuk mengenyalkan bakso atau pempek dan untuk mengentalkan hidangan sup. Contoh resep sup yang dikentalkan dengan tepung sagu adalah Sup Ayam Asparagus. Jika sulit menemukan tepung sagu, Ibu dapat menggantinya dengan tepung tapioka dengan takaran yang sama.

 

Dengan mengetahui informasi di atas, kini Ibu tidak akan bingung lagi memilih jenis tepung yang tepat untuk digunakan saat memasak. Jangan lupa juga untuk mencoba berbagai resep masakan mudah di atas dan sajikan untuk keluarga ya, Bu. Memasak sendiri untuk keluarga itu menyenangkan, lho.

 

 

Sumber:

www. royco.co.id

netirecipes.com

resepkita.com

 
close