Artikel Terbaru

4 Tips Memilih Daging Sapi Berkualitas

Daging sapi merupakan salah satu sumber protein hewani yang sering digunakan dalam berbagai resep makanan enak seperti Tumis Sapi dengan Jamur atau Burger Nasi Sapi Lada Hitam. Namun, di Indonesia kini harga daging sapi kian meroket, terutama menjelang hari raya, sehingga menyebabkan beberapa oknum nakal menjual daging sapi yang berkualitas buruk atau daging sapi gelonggongan. Daging sapi gelonggongan diperoleh dengan memaksa sapi minum air sebanyak-banyaknya sebelum disembelih agar dagingnya banyak mengandung air sehingga lebih berat saat ditimbang.

 

Daging gelonggongan cenderung lebih cepat mengalami kerusakan atau pembusukan karena mengandung banyak air. Apalagi, jika air yang digunakan kotor dan mengandung banyak bakteri, masakan buatan Ibu tentu berisiko terkontaminasi bakteri. Untuk itu, Ibu perlu mengetahui ciri-ciri daging sapi yang berkualitas agar tidak terkecoh saat berbelanja daging. Berikut ini ciri-ciri daging sapi yang berkualitas:

 

1. Warna

Daging sapi segar memiliki warna merah terang dan tidak pucat. Selain itu, tidak terdapat tanda kebiruan pada daging. Warna yang kebiruan pada permukaan daging merupakan indikasi bahwa sapi telah mati sebelum disembelih.

 

2. Tekstur

Tekan permukaan daging sapi yang hendak Ibu beli. Jika daging terasa kenyal dan kembali ke bentuk semula setelah ditekan, maka daging tersebut memiliki kualitas yang prima. Tapi, jika daging terasa lembek dan bekas tekanan tidak kembali ke bentuk semula, maka sebaiknya hindari membelinya. Hal ini menunjukkan daging sapi sudah tidak fresh lagi. Selain itu, hindari pula membeli daging yang mengeluarkan banyak air ketika ditekan karena kemungkinan besar daging tersebut merupakan daging gelonggongan.

 

3. Aroma

Jika tercium aroma amis atau bahkan aroma busuk, maka daging tersebut sudah tidak segar. Aroma daging yang baru akan tercium segar khas daging sapi dan tidak mengundang datangnya lalat ketika sedang dijajakan di pasar tradisional atau supermarket. Penting sekali bagi Ibu untuk membeli daging yang tidak beraroma amis atau busuk karena aroma tersebut juga akan memengaruhi kualitas hasil masakan buatan Ibu.

 

4. Harga

Ibu perlu waspada jika harga daging yang ditawarkan berada jauh di bawah harga pasar. Pastikan terlebih dahulu kualitasnya dengan tiga ciri di atas agar Ibu tidak tertipu. Selain itu, Ibu juga perlu waspada terhadap daging sapi yang dijual tanpa digantung karena bisa jadi hal tersebut dilakukan agar tidak terlihat air yang menetes dari daging sapi gelonggongan.

 

Ciri-ciri daging sapi yang berkualitas prima cukup mudah dikenali kan, Bu? Mulai sekarang, perhatikan keempat poin di atas saat Ibu berbelanja daging sapi, ya. Kualitas bahan makanan yang digunakan harus selalu diperhatikan saat mempraktikkan berbagai resep makanan enak karena kesehatan keluarga tentu merupakan hal yang utama. Selain itu, gunakan juga Royco rasa Sapi saat memasak hidangan berbahan daging sapi agar sajian buatan Ibu terasa lebih lezat. Apakah Ibu sudah menemukan inspirasi resep untuk menu masakan hari ini? Jika belum, yuk temukan aneka resep makanan enak berbahan daging sapi yang mudah dan praktis di laman ini.

 

Sumber:

agribisnis.co.id

pertanianku.com

ugm.ac.id

 
close