Artikel Terbaru

4 Hidangan Cepat Saji Rumahan yang Bisa Disimpan dalam Freezer

Saat berbelanja di supermarket, Ibu pasti akan menemukan area makanan beku yang menawarkan berbagai produk dengan berbagai merek. 

Produk-produk makanan beku seperti nugget, sosis, bakso, atau kentang goreng bisa Ibu pilih sesuai selera dan budget belanja Ibu. Tapi kalau Ibu ingin menghemat uang belanja, Ibu juga bisa membuat makanan beku sendiri di rumah, lho. Buat makanan beku tersebut dalam jumlah agak banyak, lalu simpan di dalam freezer. Ketika tidak punya banyak waktu untuk memasak, Ibu tinggal mengambil makanan beku rumahan tersebut dan mengolahnya dalam aneka resep masakan simple yang cepat dan mudah.

 

Makanan beku apa saja yang bisa Ibu siapkan sendiri di rumah? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Nugget

Ibu bisa membuat nugget sendiri dan mengkreasikannya menjadi sajian yang lebih sehat. Misalnya, Ibu bisa menambahkan sayuran yang dihaluskan seperti bayam, wortel, dan brokoli ke dalam adonan nugget. Bila suka, Ibu juga memiliki alternatif untuk membuat nugget  dengan menggunakan tempe, oncom, maupun talas yang tidak kalah lezat dibandingkan dengan nugget yang dijual di pasaran. Selain itu, Ibu juga bisa menggantikan tepung panir atau tepung roti yang menyalut nugget dengan sereal yang ditumbuk kasar. 

 

2. Sosis

Untuk membentuk adonan sosis, Ibu tidak harus menggunakan mesin khusus. Ibu bisa menggulung adonan hingga padat menggunakan kertas foil, seperti pada resep Sup Kacang Hijau dengan Sosis Ayam.

 

3. Bakso

Ibu bisa mengolah berbagai macam bahan seperti daging sapi, ayam, ikan, atau udang menjadi bakso lezat yang lebih sehat. Untuk membuat adonan, daging sebaiknya dihaluskan dengan food processor atau penggiling daging, sehingga hasilnya benar-benar halus. 

 

4. Kentang goreng

Ibu memang bisa mendapatkan kentang goreng beku dengan mudah di supermarket. Tapi, membuat kentang goreng sangat mudah, sehingga Ibu tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk membuatnya sendiri di rumah. Ibu hanya perlu memotong kentang dan menyimpannya dalam freezer, sehingga kentang siap diolah saat diperlukan. Pilihlah jenis kentang tes yang memiliki kandungan air lebih rendah agar cocok diolah dengan cara digoreng. Setelah siap dengan kentang yang telah dipotong, Ibu bisa mengolahnya lebih lanjut menjadi sajian lezat seperti Kentang Goreng Sambel Ijo.

 

Ketika tidak memiliki banyak waktu untuk memasak, makanan beku memang sering menjadi andalan untuk diolah dalam resep masakan simple. Tapi, agar Ibu tetap yakin dengan kualitas makanan beku yang Ibu olah untuk keluarga, tidak ada salahnya membuat makanan beku sendiri di rumah, bukan? Selamat mencoba!

 
close