Arsip

Tips Memilih Daging Segar untuk Soto

Bahan utama dalam resep soto daging , tentu saja adalah daging sapi segar. Tapi, dari semua bagian sapi, bagian mana yang paling cocok untuk diolah menjadi soto daging? Selain itu, bagaimana cara untuk memilih daging sapiberkualitas prima?

 

Bagian sapi yang paling cocok untuk soto daging adalah lamur dan sengkel yang mengandung lemak dan juga berurat. Kedua bagian daging sapi ini bisa menambah rasa pada kuad soto. Tapi ingat, lemak dan urat membuat daging lebih sulit empuk, sehingga daging perlu dimasak lebih lama.

 

Saat memilih daging sapi, perhatikanlah beberapa hal berikut ini:

1.       Pilihlah daging sapi yang masih berwarna merah segar dan tidak pucat.

2.       Daging sapi yang berbau amis tentu harus Anda hindari.

3.       Pilih daging yang belum mengeluarkan sarinya. Sari daging adalah cairan berwarna merah mirip darah yang sering Anda lihat pada kemasan daging. Sari daging adalah hal penting yang memberi rasa pada daging. Semakin banyak sari daging yang telah keluar, maka daging sapi semakin tidak ada rasanya.

4.       Pilih daging yang tidak memiliki bunga es. Kalau bunga es telah terlihat di bagian luar daging, maka kemungkinan besar bagian dalam daging juga telah memiliki bunga es, menandakan bahwa daging sudah lama disimpan di dalam  freezer.

5.       Daging sapi segar memiliki tekstur kenyal dan tidak lembek. Karena itu, coba tekan daging sapi saat Anda membeli daging sapi di pasar atau supermarket.

 

Daging yang segar tentu penting untuk sajian soto yang tak hanya lezat, tapi juga aman dikonsumsi. Sedangkan untuk kuah soto yang mantap, tambahkan Royco Bumbu Pelezat Serbaguna rasa Sapi. Anda juga bisa memilih untuk menggunakan santan atau tidak pada kuahnya. Nah, keluarga Anda lebih menyukai soto daging dengan kuah bersantan atau kuah bening, Bu?

 

 

 

 

Sumber:

http://kuliner.ilmci.com/resep/2013/24/tips-cara-memilih-daging-sapi-ayam-dan-ikan.aspx

http://tazaffood.com/tips/tips-memilih-daging-sapi.html

http://www.royco.co.id/article/detail/669528/tips-mengolah-bahan-pada-resep-soto-daging

 
close