Arsip

Tips Membuat Sup Jamur

Jamur mungkin lebih dikenal sebagai bahan makanan yang berfungsi sebagai pelengkap. untuk melengkapi sebuah sajian agar semakin lezat. Padahal jamur juga bisa jadi ‘bintang’ dari sajian Anda. Contohnya seperti dalam resep sup jamur  ala Royco.

 

Ingin mencoba mempraktikkan resep sup jamur tersebut? Ada beberapa variasi yang bisa Anda lakukan pada resep sup jamur tersebut, yaitu:

1. Gunakan Berbagai Jenis Jamur

Resep sup jamur di atas menggunakan 1 jenis jamur saja, yaitu jamur kancing. Untuk memperkaya cita rasa sup, gunakan beberapa jenis jamur bersamaan, Misalnya campuran jamur shimeji, enoki, shiitake, dan tiram. Tiap jamur memiliki cita rasa yang unik sehingga campuran berbagai jenis jamur bisa menghasilkan rasa yang lebih lezat.

 

2. Tambahkan Susu atau Krim

Penambahan susu atau krim dalam sup jamur akan membuat tekstur sup lebih kental sekaligus memperkaya rasa dan gizi sup jamur.

 

3. Tambahkan Daging Ayam

Ayam dan jamur selalu cocok dipasangkan dalam berbagai macam sajian. Karena itu, Anda juga bisa menambahkan potongan ayam dalam resep sup jamur ini. Ingat, ayam dalam potongan kecil hanya perlu dimasak selama 4-5 menit saja. Bisa juga dengan menambahkan suwiran daging ayam yang telah direbus terpisah sebelumnya.

 

Selain penambahan bahan- bahan di atas, ada beberapa tips yang bisa Anda coba saat membuat sup jamur, yaitu:

1.       Tumis jamur hingga cairan yang dikeluarkan jamur telah benar-benar kering. Setelah itu Anda barutambahkan bahan lainnya.

2.       Gunakan api kecil hingga sedang saat memasak dan memanaskan sup jamur, sehingga sup jamur tetap dimasak secara perlahan dan tidak mendidih.

3.       Tingkat kekentalan sup jamur yang sesuai dengan selera Anda bisa Anda dapatkan dengan cara menyesuaikan jumlah kaldu ayam atau air yang Anda gunakan. Kalau Anda menyukai sup jamur yang kental, cairan yang digunakan tidak perlu terlalu banyak. Tapi, kalau Anda menyukai sup jamur yang agak encer, tambahkan kaldu ayam sedikit demi sedikit hingga Anda mendapatkankekentalan yang Anda inginkan. Tentu saja, penambahan Royco Kaldu Bubuk dengan Rasa Ayam 5x lebih kuat akan membuat kaldu ayam dan sup jamur Anda semakin mantap!

 

Jamur yang lezat memang tak hanyabisa jadi bahan pendamping saja. Dengan pengolahan yang tepat, nutrisi dan kelezatan jamur juga bisa jadi daya tarik utama sajian Andakan, Bu? Selamat mencoba!

 

 

 

 

Sumber:

http://www.rachaelrayshow.com/food/16483_Robin_Quivers_Cream_of_Mushroom_Soup/index.html

http://www.examiner.com/article/how-to-make-mushroom-soup-from-scratch-for-christmas-dinner

http://www.quickanddirtytips.com/health-fitness/healthy-eating/creamy-mushroom-soup
 
close