Arsip

Tips Menyajikan Brokoli Segar & Bergizi

Brokoli adalah salah satu bahan masakan yang dapat menambahkan nutrisi pada sajian Anda. Sayuran ini tak hanya mudah disiapkan, tapi juga fleksibel dipadukan dengan bahan makanan lain. Brokoli juga bisa dimasak dengan berbagai cara, seperti yang bisa Anda lihat di Tips Memasak Brokoli  pada website Royco. Proses memasaknya pun tidaklah sulit, seperti pada resep Cabe Brokoli ala Royco. Kalau Anda belum sempat menentukan akan masak apa hari ini, mengapa tak mencoba menyajikan brokoli saja, Bu?

 

Untuk membantu Anda mengolah brokoli yang cantik dan bergizi, simak dulu beberapa tips berikut ini:

1.       Pilihlah brokoli segar berwarna hijau gelap dengan kuncup yang masih saling rapat satu sama lain. Brokoli yang telah berwarna kekuningan berarti sudah tidak segar lagi.

2.       Brokoli bisa disimpan dalam kulkas selama paling lama 5 hari di dalam kantung kedap udara.

3.       Menumis dan mengukus adalah salah satu cara terbaik untuk mengolah brokoli sekaligus untuk menjaga kandungan nutrisinya.

4.       Brokoli yang terlalu matang akan kehilangan warnanya dan teksturnya menjadi lembek. Karena itu, brokoli sebaiknya tidak dimasak terlalu lama, sehingga masih tetap cantik dan renyah.

5.       Bila dimasak dengan cara dikukus, kukuslah brokoli paling lama 7 menit. Saat dikukus, buka tutup pengukus selama beberapa kali untuk mengeluarkan uap dari kukusan sehingga warna brokoli tetap terjaga.

6.       Tambahkan sedikit perasan air jeruk lemon untuk memperkaya rasa sajian brokoli Anda. Tapi ingat, perasan air jeruk lemon ini cukup ditambahkan setelah proses memasak selesai.

 

Selain seperti pada resep Cabe Brokoli di atas, Anda juga bisa mengolah brokoli dengan salah satu cara berikut ini:

1.       Kukus brokoli, lalu olesi dengan mentega selagi brokoli masih panas. Beri perasan air jeruk lemon, lalu sajikan bersama almond iris yang telah disangrai.

2.       Kukus brokoli, lalu haluskan bersama keju parut dan yoghurt (tanpa rasa). Sajian ini bisa dijadikan saus celup untuk hidangan Anda lainnya.

3.       Tumis bawang putih cincang bersama brokoli yang telah dikukus. Masukkan dalam pinggan tahan panas, lalu tambahkan telur yang telah dikocok serta keju parut. Panggang dalam oven dengan suhu 180°C hingga matang.

4.       Campur brokoli dengan kaldu ayam dan bawang bombay yang telah ditumis. Masak hingga matang, lalu haluskan dengan blender untuk dibuat menjadi sup brokoli.

5.       Campur brokoli dengan beberapa potong ayam dan beberapa siung bawang putih utuh. Tuangkan olive oil secukupnya, lalu panggang dalam oven dengan suhu 200°C hingga matang atau selama sekitar 35-45 menit.

 

Jadi, cara masak apa yang akan Anda coba untuk menyajikan brokoli, Bu?

 

 

 

Sumber:

http://homecooking.about.com/od/howtocookvegetables/a/broccolitips.htm

http://www.realsimple.com/food-recipes/cooking-tips-techniques/cooking/8-ways-cook-broccoli-00000000005941/

http://www.bhg.com/recipes/how-to/cook-with-fruits-and-vegetables/cook-broccoli/

http://www.bbcgoodfood.com/glossary/broccoli

 
close