Arsip

Tips Membuat Bakso Ikan

Anda mungkin sudah mengetahui cara membuat bakso  sapi atau ayam di rumah. Lalu bagaimana dengan bakso ikan? Cara membuat bakso ikan juga tak kalah mud ah dibandingkan dengan bakso sapi atau ayam. Bakso ikan yang Anda buat juga bisa Anda kreasikan dalam berbagai resep, misalnya resep Sup Oyong Bakso Ikan ala Royco. Mau mencobanya?

 

Cara membuat bakso ikan sebenarnya sangatlah sederhana. Haluskan fillet ikan beserta putih telur, bawang putih, tepung tapioka, serta garam dan merica putih bubuk. Jangan lupa untuk menambahkan Royco All in One  untuk memperkaya rasanya, ya. Setelah adonan siap, Anda tinggal membentuknya dalam bulatan-bulatan kecil, lalu memasaknya dengan cara digoreng ataupun direbus. Bakso ikan pun siap disajikan!

 

Tapi, tentu saja ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk membuat bakso ikan Anda semakin mantap. Di antaranya adalah:

1.       Daging ikan yang paling cocok dibuat menjadi bakso ikan adalah daging ikan putih seperti tenggiri, kakap, atau dori. Ikan yang digunakan sebaiknya ikan segar yang belum pernah dibekukan, agar tekstur adonan bakso tidak terlalu berair.

2.       Saat menghaluskan daging ikan beserta bumbu, tambahkan air es sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Penambahan air es membantu membuat bakso ikan menjadi lebih kenyal.

3.       Haluskan adonan daging ikan menjadi pasta yang kental sehingga lebih mudah dibentuk dan lebih kenyal. Jika mau, Anda juga bisa menghaluskannya dengan bantuan blender atau food processor.

4.       Kalau bakso ikan dimasak dengan cara direbus, salah satu cara untuk mengetahui bahwa bakso ikan telah matang adalah bila bakso telah mengapung.

5.       Bentuk bakso-bakso ikan dalam ukuran yang samasehingga bakso akan matang merata saat dimasak bersamaan. Jangan bentuk bakso terlalu besar karena akan sulit untuk dikonsumi.

 

Selain disajikan seperti pada resep Sup Oyong Bakso Ikan di atas, bakso ikan juga bisa disajikan bersama bihun atau mie telur bersama kuah kaldu yang lezat. Bakso ikan juga bisa dijadikan bahan tambahan dalam tumisan sayuran Anda. Anda juga bisa membuat bakso ikan bakar dengan cara menusukkan beberapa butir bakso ikan yang telah direbus lalu membakarnya hingga harum. Bakso ikan bakar yang disajikan bersama saus kecap atau sambal pasti disukai keluarga.

 

 

 

Sumber:

http://female.kompas.com/read/2012/12/18/12390944/Bakso.Bakar

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/12/05/02/m3dxau-bikin-bakso-ikan-sendiri-yuk-simak-resepnya

http://www.ifood.tv/blog/tips-to-make-fish-balls-for-a-perfect-dinner-party

http://feastasia.com/fish-balls-and-noodle-soup/

 
close