Tips

Tips Memilih dan Menyimpan Terung

Sayur lodeh termasuk sayur yang mudah disiapkan dan cukup fleksibel disajikan dengan berbagai macam hidangan. Dengan kombinasiterung, tempe, labu siam, bahkan tahu, sayur lodeh lezat disajikan. Namun untuk kali ini, mari kita bahas tentang terung terlebih dahulu dalam cara membuat sayur lodeh.

 

Cara membuat sayur lodeh terung maupun sayur lodeh yang klasik, tentu akan menjadi kian lezat jika Anda menggunakan terung yang berkualitas prima. Perhatikan hal-hal berikut ini saat memilih terung untuk masakan Anda:

 

1.       Pilihlah terung dengan kulit yang halus, dan tidak terdapat bercak ataupun memar.  Terung yang kulitnya telah menyusut atau berkerut menandakan bahwa terung telah terlalu matang sehingga daging buahnya akan terasa lebih pahit.

2.       Pilihlah terung berukuran sedang. Terung yang lebih kecil biasanya memiliki biji yang lebih sedikit, daging buahnya lebih lembut, dan rasanya tidak pahit.

3.       Tekanlah terung secara perlahan dengan jari Anda. Bila teksturnya lembut, berarti terong sudah cukup matang untuk diolah. Kalau terung terlalu lembek, berarti terong sudah terlalu matang dan lebih pahit, sedangkan terung yang keras berarti belum cukup matang.

4.       Jika masih terdapat daun di bagian ujung terung, cek jugadaun tersebut. Pilihlah terung dengan daun yang masih berwarna hijau segar, hindari yangdaun yang telah mengering dan berwarna kecokelatan.

5.       Terung termasuk bahan makanan yang mudah busuk bila diletakkan di udara dingin. Maka dari itu, terung tidak perlu disimpan di dalam lemari es. Simpan saja pada suhu ruangan, dan terung dapat bertahan selama 2-3 hari.

 

Cermat memilih dan menyimpan terung menjadi bagian penting dalam cara membuat sayur lodeh. Terung segar yang digunakan dalam memasak sayur lodeh tentu akan menghasilkan sajian yang lezat kan, Bu?

 

 

 

 

Sumber:

http://www.latimes.com/food/la-fo-eggplant-s,0,1413952.story#axzz2xlmxqhpw

http://homecooking.about.com/od/foodstorage/a/eggplantstorage.htm

http://www.thekitchn.com/learning-to-love-eggplant-how-58940

 
close