Tips

Tips Memilih & Mengolah Kacang Kapri

Dalam resep sup sayuran, tidak jarang Anda akan menemukan kacang kapri dalam daftar bahannya. Kapri tidak hanya favorit untuk dimasukkan ke dalam sup sayuran, tapi juga sangat fleksibel untuk ditambahkan ke dalam hidangan lain. Apalagi, kandungan nutrisi di dalamnya membuatnya jadi bahan makanan yang jelas bermanfaat bagi kesehatan. Bila dimasak dengan baik dalam cara membuat sup sayuran, kacang kapri yang renyah tidak hanya dapat memperkaya warna, rasa, tapi juga melengkapi kandungan nutrisi pada sajian Anda.

 

Saat memilih kacang kapri, pilihlah kacang kapri yang masih berwarna hijau segar dan bersih, dan tak terasa kenyal bila disentuh. Kacang kapri yang berukuran lebih kecil biasanya lebih lembut dibandingkan kacang kapri yang besar. Selain itu, cita rasanya cenderung lebih manis.

 

Kalau kacang kapri tidak langsung diolah, simpan kapri terlebih dahulu di dalam kulkas. Lalu, ketika kacang kapri perlu disiapkan untuk diolah, Anda hanya perlu memotong sedikit bagian ujung kacang kapri, lalu menarik serat yang ada di bagian sisi kacang kapri.

 

Kacang kapri tidak memerlukan waktu lama untuk matang. Bahan makanan ini bahkan sebenarnya bisa dimakan dalam keadaan mentah bila telah dicuci bersih. Untuk memasak kacang kapri, Anda hanya perlu memasaknya selama sekitar 1-2 menit bila direbus, atau 2-5 menit bila dikukus. Jadi, jika Anda menggunakan kacang kapri dalam membuat sup sayuran, masukkan kacang kapri sesaat sebelum proses memasak usai agar teksturnya tetap renyah, warnanya tetap cantik, dan kandungan nutrisinya terjaga.

 

Sudah pernah menggunakan kacang kapri dalam sajian sup sayuran Anda? Bagaimana kalau Anda mencobanya juga dalam sajian lain? Selain disajikan dalam sup sayuran, Anda juga bisa menggunakan kacang kapri sebagai bahan utama dengan cara menumisnya bersama jahe, bawang putih, dan Royco Bumbu Pelezat Serbaguna untuk tumisan sayuran yang simpel dan lezat. Anda juga bisa menyajikannya utuh atau dalam keadaan diiris halus dalam salad. Selamat mencoba, Bu!

 

 

 

 

Sumber:

http://www.taste.com.au/how+to/articles/1339/how+to+prepare+snow+peas

http://www.taste.com.au/how+to/articles/278/snow+peas

http://health.howstuffworks.com/wellness/food-nutrition/natural-foods/natural-food-snow-pea.htm
 
close