Tips

Tips Mengukus Ikan

Saat sedang menjalani diet dan menjaga asupan kalori serta lemak dari makanan, ikan adalah salah satu bahan makanan sehat yang bisa jadi andalan, Bu. Kandungan protein tinggi di dalamnya sangat baik untuk menjadi pengganti menu daging merah. Selain itu, ikan juga rendah lemak, namun kaya asam lemak sehat, serta merupakan sumber vitamin B12 dan zat besi yang baik.

 

Untuk mendapatkan manfaat nutrisi ikan dengan maksimal, mengukus adalah cara memasak yang bisa jadi pilihan. Cara masak ini tidak menggunakan minyak ataupun sumber lemak lainnya sehingga tentu lebih menyehatkan. Jika Anda ingin mencoba resep ikan kukus, coba saja resep Ikan Kembung Kukus Asam ala Royco. Tapi, selain penggunaan bumbu yang tepat, cara mengukus ikan juga harus Anda perhatikan. Nah, beberapa tips mengukus ikan berikut ini bisa Anda coba, Bu.

 

1.       Taruh ikan di atas pinggan tahan panas. Lalu,tambahkan bumbu seperti kulit jeruk lemon parut, jahe, bawang bombay, daun seledri, atau bawang putih pada permukaan ikan. Penambahan bumbu ini akan memperkaya rasa dan aroma ikan kukus.

2.       Gunakan api sedang saat mengukus ikan sehingga air yang digunakan untuk mengukus tidak mendidih hingga bergolak.

3.       Pastikan ketinggian air yang digunakan untuk mengukus tidak terlampau tinggi. Cukup penuhi ¼ bagian dasar panci, sehingga jika air mendidih tidak menyentuh ikan yang dikukus.

4.       Sebelum dikukus, lumuri ikan dengan olive oil, air jeruk lemon, ataupun kecap asin untuk memperkaya rasanya. Seperti dalam resep Kembung Kukus Asam di atas, ikan terlebih dahulu dibumbui dengan campuran mentega dan Royco rasa Ebi sebelum dikukus.

5.       Pastikan pengukus tertutup rapat agar tidak ada uap yang keluar. Hal ini membantu Anda menjaga ikan matang merata dan mempersingkat waktu memasak.

6.       Kalau Anda mengukus lebih dari 1 ikan dalam pengukus, pastikan ikan tidak saling bertumpuk satu sama lain. Ukuran ikan juga sebaiknya kurang lebih sama agar ikan dapat matang bersamaan.

7.       Untuk setiap ikan seberat 500 gram, biasanya dibutuhkan waktu mengukus selama sekitar 10-20 menit sejak air pengukus mendidih.

 

Resep ikan kukus yang lezat dijamin akan menghasilkan hidangan yang menggugah selera terutama jika  ikan dikukus dengan tepat. Coba yuk, Bu!

 

 

Sumber:

http://busycooks.about.com/od/howtocook/a/howtocookfish_2.htm

http://www.sydneyfishmarket.com.au/FISHline/CookingTips/tabid/113/Default.aspx


 
close