Tips

Ikan Asin Sedap untuk Nasi Goreng Mantap

Salah satu bahan makanan yang sering ditambahkan dalam sajian nasi goreng adalah ikan asin. Berbagai jenis ikan asin sering digunakan untuk menambah kelezatan nasi goreng. Contohnya seperti pada resep Nasi Goreng Teri[ di website Royco. Penggunaan ikan asin tak hanya akan memperkaya rasa, tapi juga memberikan tekstur yang berbeda.

 

Tapi, sebelum menggunakan ikan asin pada nasi goreng Anda, simak dulu beberapa tips mengenai ikan asin berikut ini:

 

1.       Ikan asin dengan kadar air yang masih cukup tinggi seperti ikan peda harus disimpan dalam wadah tertutup di kulkas. Sedangkan ikan asin yang kering cukup disimpan di rak dapur Anda.

 

2.       Ikan asin yang disimpan terlalu lama akan menimbulkan aroma tidak sedap terutama jika ikan asin tidak kering betul. Karena itu, sebaiknya Anda membeli ikan asin sesuai jumlah yang akan digunakan saja, sehingga ikan asin yang tersisa tidak akan disimpan terlalu lama.

 

3.       Ikan asin menjalani proses pengawetan dan penggaraman yang cukup panjang. Selama dijual di pasar, ikan asin juga biasanya dibiarkan dalam ruang terbuka. Karena itu, sebelum diolah, ikan asin bisa direndam dan dicuci di bawah air mengalir untuk membersihkan kotoran yang menempel. Proses pencucian ini juga diperlukan untuk menghindari masalah penyakit dari insektisida yang biasa disemprotkan produsen ikan asin yang melanggar aturan demi mencegah ikan asin dihinggapi lalat.

 

4.       Agar ikan asin pada sajian nasi goreng tetap renyah saat disajikan, sebaiknya ikan asin dimasak secara terpisah, lalu ditambahkan pada nasi goreng beberapa saat sebelum proses memasak selesai. Kalau Anda menggunakan ikan asin bulu ayam, Anda bisa melumuri ikan asin dengan tepung beras agar renyah setelah digoreng. Sedangkan kalau Anda menggunakan teri medan, goreng ikan teri dengan api kecil saja agar ikan teri tidak mudah gosong dan matang merata.

 

Jenis ikan asin mana pun yang Anda gunakan dalam nasi goreng Anda, pengolahan yang tepat akan membuatnya menjadi bahan tambahan yang memperkaya rasa nasi goreng Anda. Ikan asin mana yang jadi favorit untuk sajian nasi goreng Anda, Bu?

 

 

Sumber:

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/13/04/06/mks3wn-sebelum-menyantap-ikan-asin-coba-ini-dulu

http://medanbisnisdaily.com/news/read/2013/09/15/50823/tips_menggoreng_ikan/#.U0KCBaLDUYI

http://www.koleksiresepku.com/2012/11/tips-menggoreng-ikan-asin-renyah/
 
close