Tips

Tips Memilih Fillet Ikan Segar

Pada resep sayur asem, tak hanya kacang panjang, labu siam, dan jagung manis saja, bahan lain seperti seafood pun bisa Anda gunakan, Bu. Penggunaan bahan yang tak biasa ini bisa Ada jumpai pada Resep Sayur Asem Seafood Pedas ala Royco yang bisa Anda simak di channel Youtube-nya .

 

Seperti yang bisa Anda simak di video tersebut, Anda bisa membuat Sayur Asem Seafood Pedas dengan mudah. Apalagi, bumbu yang perlu Anda siapkan tak sulit didapat, terutama dengan penggunaan Royco Bumbu Komplit Sayur Asem. Tapi, ada beberapa poin yang harus diperhatikan saat memilih salah satu bahan dalam resep sayur asem Seafood Pedas tersebut, yaitu fillet ikan kakap.

 

Dalam beberapa hal, memilih ikan utuh yang segar lebih mudah daripada memilih fillet ikan yang segar. Saat memilih ikan utuh segar, Anda tinggal melihat mata dan insang ikan tersebut. Tapi bagaimana cara memilih fillet ikan yang segar? Beberapa tips ini bisa membantu Anda:

 

1. Perhatikan Warna Daging dan Kulit Ikan

Kalau warna daging ikan mulai pucat, berarti ikan sudah tidak segar. Kalau fillet ikan yang akan Anda beli masih memiliki kulit, perhatikan kulit ikan tersebut. Fillet ikan yang segar akan memiliki kulit yang metalik dan bersinar.

 

2. Perhatikan Aroma Ikan

Anda bisa meminta tukang ikan untuk membilas fillet ikan dengan air dingin. Setelah itu, cium aroma daging ikan. Fillet ikan yang segar tak akan berbau amis atau berbau ammonia.

 

3. Perhatikan Cairan pada Daging Ikan

Fillet ikan yang segar akan memiliki cairan yang jernih. Kalau cairan pada daging ikan sudah keruh, berarti fillet ikan sudah tidak segar.

 

4. Tekan Daging Ikan

Jika daging fillet ikan tidak kembali ke bentuk semula setelah ditekan, berarti fillet ikan sudah tidak segar.

 

5. Perhatikan Bagian Tepi Fillet Ikan

Warna bagian tepi fillet ikan tidak boleh berubah menjadi lebih gelap atau kecokelatan. Bagian tepi ikan yang tampak kering dan lembek juga menunjukkan bahwa fillet ikan sudah tak segar.

 

6. Perhatikan Kemasan Fillet Ikan

Pilihlah fillet ikan beku yang tidak memiliki bunga es pada bagian dalam kemasan. Fillet ikan dengan bunga es pada bagian dalam kemasan menunjukkan bahwa fillet ikan tersebut telah dibekukan dan dicairkan lebih dari sekali.

 

Bahan yang segar adalah bagian penting dalam resep apapun, termasuk dalam resep Sayur Asem Seafood Pedas ini. Siap mencoba lezatnya seafood dengan kuah sayur asem yang mantap, Bu?

 

 

 

Sumber:

http://www.fishwatch.gov/buying_seafood/choosing_quality.htm

http://fishcooking.about.com/od/howtochoosefreshfish/bb/buyingfish.htm
 
close