Tips

Tips Merebus Telur

Menyajikan telur untuk keluarga memang tak sekadar memasak telur mata sapi, telur dadar, atau telur orak-arik. Banyak sajian telur yang lezat yang bisa Anda coba juga. Salah satunya adalah Telur Bistik Spesial yang cara masaknya diperagakan oleh Chef Billy dengan mudah di channel Youtube Royco. Perpaduan telur rebus yang lezat dengan daging cincang yang didemokan oleh Chef Billy ini akan membuat sajian Telur Bistik jadi lebih istimewa.

 

Salah satu langkah dalam memasak Telur Bistik Spesial adalah membuat telur rebus. Memasak telur rebus memang tidak sulit. Tapi, telur rebus yang terlalu matang jadi tampak kurang cantik karena kuning telurnya menjadi berwarna agak gelap dan terkadang kehijauan. Lalu, bagaimana cara agar telur rebus buatan Anda matang sempurna dan tampil cantik? Beberapa tips berikut ini bisa Anda coba saat merebus telur:

 

1.       Agar telur rebus matang merata dan waktu masaknya bisa diperkirakan dengan baik, sebaiknya telur berada pada suhu ruangan sebelum dimasak. Jadi, kalau Anda biasa menyimpan telur di dalam kulkas, biarkan telur selama beberapa saat pada suhu ruangan sebelum mulai merebusnya.

 

2.       Pastikan seluruh bagian telur terendam sempurna dalam air rebusan. Jumlah air yang cukup untuk merebus air biasanya setinggi 3-5 cm di atas permukaan telur atau sekitar 1-2 ruas jari Anda.

 

3.       Kalau Anda ingin membuat telur rebus yang kuning telurnya masih agak cair, masukkan telur setelah air rebusannya mendidih, lalu masak selama sekitar 4 menit. Tapi, kalau Anda ingin membuat telur rebus yang padat dan matang sempurna, masukkan telur sejak air rebusannya masih dingin. Setelah air rebusan mulai mendidih, masak terus selama sekitar 7-10 menit, lalu matikan api.

 

4.       Setelah telur selesai direbus, segera angkat telur dari air rebusannya lalu masukkan ke dalam air dingin selama sekitar 1 menit. Hal ini dilakukan untuk menghentikan proses pemasakan telur.

 

Kuning telur yang matang dengan tepat akan berwarna kuning cerah nan cantik, tanpa warna abu-abu di pinggirannya.

 

Selain cara masak Telur Bistik Spesial ini, Chef Billy juga memperagakan banyak resep lain di channel YouTube Royco MasakApaHariIni, lho. Untuk menyaksikannya, mampir saja ke http://www.youtube.com/user/MasakApaHariIni.

 

Sumber:

http://www.bbc.co.uk/food/techniques/how_to_boil_eggs

http://www.bonappetit.com/test-kitchen/how-to/article/how-to-boil-an-egg
 
close