Tips

Mengenal Bagian Daging Sapi & Cara Memasaknya

Punya rencana masak apa hari ini dengan bahan yang tersedia di dapur Anda, Bu? Kalau Anda masih punya persediaan daging sapi segar, ayo diolah menjadi sajian yang lezat. Tapi, periksa dulu bagian daging sapi mana yang Anda miliki, lalu tentukan sajian dan cara masak apa yang sesuai dengan persediaan daging sapi Anda. Beberapa bagian daging sapi serta sajian yang cocok untuknya adalah:

 

1.       Sandung Lamur (Brisket)

Bagian daging sapi ini mengandung banyak lemak, jadi cocok untuk diolah dalam sajian seperti rawon, soto, atau sup. Salah satu resep yang bisa Anda coba dengan bagian daging sapi ini adalah resep Rawon ala Royco.

 

2.       Has Luar (Sirloin)

Lemak pada bagian daging ini terdapat pada bagian luar. Bagian daging sapi ini cocok untuk dimasak pada sajian tumisan seperti pada resep Sapi Lada Wijen.

 

3.       Has Dalam (Tenderloin)

Bagian daging sapi ini sangat lembut dan cepat masak, sehingga cocok untuk sajian bistik atau tumisan seperti pada resep Tumis Sapi dengan Jamur di http://www.royco.co.id/recipes/detail/4408/1/tumis-sapi-dengan-jamur.

 

4.       Gandik

Daging gandik sangat keras dan tidak mudah hancur, sehingga lebih cocok untuk sajian yang membutuhkan waktu lama untuk matang, misalnya rendang.

 

5.       Tetelan

Daging tetelan adalah sisa daging yang melekat pada tulang sapi. Biasanya tetelan digunakan untuk membuat kaldu atau tumisan. Tapi, tetelan juga bisa dihidangkan dalam sayur asam seperti pada resep Sayur Asam Tetelan ala Royco di http://www.royco.co.id/recipes/detail/4404/1/sayur-asam-tetelan.

 

6.       Sengkel

Daging sengkel mengandung banyak urat dan cocok dipakai untuk sajian gulai, soto, atau empal seperti pada resep Soto.

 

7.       Kaki Sapi

Bagian kaki sapi biasanya paling sering dibuat menjadi kuah soto atau sajian lain yang membutuhkan waktu masak yang lama. Karena bisa menghasilkan kaldu yang lezat.

 

8.       Daging Giling (Cincang)

Daging cincang biasanya diambil dari berbagai bagian sapi yang berbeda. Daging cincang bisa disajikan dalam berbagai cara yang berbeda, misalnya untuk sajian Sate Pentul Sapi.

 

Bagian daging dengan cara masak apa yang akan disiapkan untuk keluarga Anda hari ini, Bu?

 

 

 

Sumber:

http://www.okefood.com/read/2013/02/01/304/755130/large

http://female.kompas.com/read/2009/12/25/13505093/memilih.bagian-bagian.daging.sapi
 
close